Sabtu, 27 April 2024
Fita Nofiana : Selasa, 15 Juni 2021 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Aupan yang Anda konsumsi bukan hanya memengaruhi badan Anda tapi juga pikiran. Dalam hal ini, sebuah studi menunjukkan bahwa kesehatan mental perempuan mungkin terkait dengan pola makan mereka. 

Melansir dari Healthshots, penelitian baru dari Binghamton University di State University of New York menyatakan bahwa kesehatan mental perempuan kemungkinan memiliki hubungan yang lebih tinggi dengan faktor makanan daripada pria.

Lina Begdache, asisten profesor studi kesehatan dan kebugaran di Universitas Binghamton menguji apakah penyesuaian pola makan meningkatkan suasana hari di antara pria dan perempuan berusia 30 tahun atau lebih.

Bersama dengan asisten peneliti Cara M. Patrissy, Begdache membedah berbagai kelompok makanan yang terkait dengan tekanan mental pada pria dan wanita berusia 30 tahun ke atas.

Hasilnya menunjukkan bahwa kesehatan mental perempuan memiliki hubungan yang lebih tinggi dengan faktor makanan daripada pria. Tekanan mental dan frekuensi olahraga dikaitkan dengan pola makan dan gaya hidup yang berbeda.

"Kami menemukan hubungan umum antara makan sehat, mengikuti praktik diet sehat, olahraga, dan kesejahteraan mental," kata Begdache.

"Menariknya, kami menemukan bahwa perempuan lebih rentan terhadap makanan yang tidak sehat daripada pria," imbuhnya. 

Ilustrasi perempuan makan pizza. (Shutterstock)

Menerut Bagdache, makanan cepat saji, melewatkan sarapan, kafein, dan makanan tinggi glikemik (HG) semuanya terkait dengan tekanan mental pada wanita dewasa

"Buah-buahan dan sayuran berdaun hijau tua (DGLV) dikaitkan dengan kesejahteraan mental. Informasi tambahan yang kami pelajari dari penelitian ini adalah bahwa olahraga secara signifikan mengurangi hubungan negatif antara makanan HG dan makanan cepat saji dengan tekanan mental," tambah Begadache.

BACA SELANJUTNYA

5 Tips Mengembalikan Pola Makan Sehat setelah Puasa dan Lebaran