Kamis, 28 Maret 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Rabu, 21 April 2021 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Varian baru virus corona Covid-19 semakin banyak bermunculan dan memicu kekhawatiran. Apalagi varian baru virus corona ini dipercaya lebih ganas pada ibu hamil.

Karena itu, Brasil pun memperingatkan semua warganya yang wanita untuk menunda kehamilan sampai pandemi virus corona Covid-19 ini berlalu.

"Jika memungkinkan, para wanita harus menunda kehamilan untuk sementara waktu sehingga mereka bisa memiliki momen kehamilan yang lebih damai," kata Sekretaris Perawatan Kesehatan Primer Kementerian Kesehatan Brasil, Raphael Camara dikutip dari CNN.

Tapi, Raphael menegaskan bahwa imbauan untuk menunda kehamilan ini bukan untuk wanita usia 42-43 tahun, tetapi wanita muda yang masih produktif melakukan hubungan seks.

Menurut Universitas Johns Hopkins, Brasil berada di urutan kedua setelah Amerika Serikat dalam tingkat kematian akibat virus corona Covid-19, dengan jumlah kematian 368.749 dari 13,8 juta kasus infeksi.

Saat ini, dunia memang sedang menghadapi lonjakan kasus infeksi dan kematian akibat virus corona Covid-19 bersamaan dengan munculnya berbagai macam varian baru virus corona. Sedangkaan, cukup banyak orang Brasil yang mengabaikan tindakan pencegahan jarak sosial.

Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)

Karena itu, tim ahli kesehatan masyarakat memperingatkan bahwa Brasil bisa menghadapi masa yang lebih buruk bila lamban memperhatikan pentingnya tindakan pencegahan.

Para peneliti berpendapat bahwa tanggapan yang cepat dan adil dari pemerintah federal bisa membantu menahan wabah dan melindungi orang yang rentan terhadap virus corona.

Sayangnya, kelalaian para pemimpin telah membuat kota Manaus mengalami lonjakan kasus virus corona parah yang membuat sistem rumah sakit runtuh. Rumah sakit di wilayah itu mengalami kekurangan oksigen karena banyaknya pasien virus corona.

"Tanpa tindakan segera, kondisi ini bisa saja terjadi di tempat lain di Brasil," jelas tim kesehatan.

Tim kesehatan menyarankan pemerintah Brasil segera bertindak dengan melakukan surveilans epidemiologi dan genomik serta meningkatkan vaksinasi. Sebab, penyebaran varian baru virus corona bisa menyebabkan lebih banyak nyawa menghilang.

Camara mengatakan baru-baru ini bidang kementerian kesehatan telah melakukan studi tentang hubungan antara masalah kehamilan dengan varian baru virus corona. Sampai akhirnya, mereka meminta para wanita menunda kehamilan.

"Kami tidak memiliki studi nasional atau internasional, tetapi secara klinis para ahli menunjukkan bahwa varian baru virus corona ini memiliki tindakan yang lebih agresif pada ibu hamil," jelasnya.

Sebelumnya, virus corona Covid-19 dikaitkan dengan risiko parah pada ibu hamil. Tapi sekarang, mereka melihat evolusi virus corona yang lebih serius pada trimester kedua dan trimester pertama kehamilan.

BACA SELANJUTNYA

Kecuali Amerika dan Afrika, WHO Sebut Kasus Virus Corona Covid-19 Menurun Secara Global!