Rabu, 24 April 2024
Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah : Selasa, 03 November 2020 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Pendarahan usai bercinta pada vagina wanita adalah kejadian umum, terlebih ketika mereka baru pertama kali melakukannya. Namun, memang ada beberapa kondisi kesehatan yang dapat menjadi penyebabnya. Apa saja?

"Pendarahan setelah berhubungan intim dapat menjadi sinyal untuk beberapa masalah, jadi penting untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan terlebih dahulu," kata Dr Shree Datta, seorang konsultan kebidanan dan ginekolog, kepada The Sun.

Ia menambahkan bahwa kondisi kesehatan ini dapat terjadi pada wanita dari segala usia, dan bisa berasal dari rahim, leher rahim, saluran vagina atau kulit di sekitar vagina.

Dr Detta membagikan alasan paling umum mengapa wanita mengalami pendarahan setelah berhubungan intim:

Ilustrasi berhubungan intim. (Shutterstock)

1. Infeksi

Salah satunya adalah penyakit radang panggul atau pelvic inflammatory disease (PID), disebabkan oleh bakteri yang masuk ke saluran genital atas melalui leher rahim.

Cara paling umum untuk terinfeksi adalah melalui hubungan seks tanpa kondom dengan seseorang yang mengidap Infeksi Menular Seksual (IMS), seperti klamidia atau kencing nanah.

Namun, bisa juga terjadi ketika bakteri yang biasanya hidup di vagina menyebar ke organ 'atas'. Ini bisa terjadi setelah melahirkan atau keguguran.

2. Vagina kering

Ini umum terjadi pada wanita yang telah melalui masa menopause, yang terjadi akibat kadar estrogen rendah.

Kadar estrogen rendah juga mengurangi elastisitas vagina. Jaringan di dalamnya menjadi lebih tipis dan menyusut sehingga dapat menyebabkan ketidaknyamanan, nyeri, dan pendarahan saat berhubungan intim.

Ilustrasi pasangan bercinta. (Shutterstock)

3. Seks yang kasar

Kerusakan pada vagina, seperti robekan saat melahirkan atau gesekan saat berhubungan seks, bisa menjadi penyebab pendarahan.

Seks yang dilakukan secara kasar dapat menyebabkan luka kecil atau goresan pada vagina. Ini lebih mungkin terjadi jika mengalami kekeringan pada vagina karena menopause, menyusui, atau faktor lain.

4. Polip

Polip adalah pertumbuhan non-kanker yang biasanya tidak berbahaya dan terkadang dapat ditemukan di serviks atau lapisan endomentrium.

Jika terbentur atau digerakkan, seperti saat berhubungan intim atau foreplay, dapat mengiritasi jaringan di sekitarnya dan menyebabkan pendarahan dari pembuluh darah kecil.

BACA SELANJUTNYA

Orgasme Saat Berhubungan Seks Penting Bagi Wanita 50 Tahun ke Atas, Ini Efeknya!