Sabtu, 20 April 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Sabtu, 03 Oktober 2020 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Setelah tidak bisa mengupas salak, kini Nia Ramadhani kembali menghebohkan publik karena tidak bisa membedakan pisang mentah dan matang ketika belanja buah dengan asisten-asistennya.

"Beli ini (pisang) aja. Yang kecil-kecil aja kali ya," ujar Nia Ramadhani, seperti dilansir dari channel Youtube Trans TV Official.

"Itu yang hijau belum matang dong," timpal asisten Nia Ramadhani.

"Mau beli pisang tapi dia pilih yang warna hijau. Dikira kita mau goreng pisang?" ucap salah satu timnya.

Pisang salah satu buah paling populer yang mengandung nutrisi penting dan bermanfaat baik bagi kesehatan. Makan pisang bisa membantu menurunkan tekanan darah dan bisa mengurangi risiko kanker.

Foto Nia Ramadhani. (Instagram/@ramadhaniabakrie)

Namun, pisang mentah dan pisang matang memiliki manfaat kesehatan yang berbeda-beda. Berikut ini dilansir dari Medical News Today, manfaat pisang matang.

1. Tekanan darah

The American Heart Association (AHA) mendorong orang untuk menurunkan asupan garam atau sodium dan meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung potasium.

Sebab, kalium bisa membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular. Sedangkan, pisang ukuran sedang bisa memenuhi sembilan persen kebutuhan kalium harian manusia.

2. Asma

Studi pada 2007 menunjukkan bahwa makan pisang bisa membantu mencegah mengi pada anak-anak penderita asma. Pasalnya, pisang mengandung antioksidan dan potasium pisang.

Ilustrasi kulit pisang. (Pixabay)

3. Kanker

Lektin yang merupakan protein dalam pisang juga membantu mencegah pertumbuhan sel leukemia. Sebab, lektin bertindak sebagai antioksidan yang membantu tubuh menghilangkan molekul sebagai radikal bebas.

4. Kesehatan jantung

Pisang juga mengandung serat, kalium, folat, dan antioksidan yang bisa membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dibandingkan diet rendah serat.

5. Meningkatkan mood

Pisang mengandung tritofan, asam amino yang bisa membantu menjaga daya ingat, meningkatkan kemampuan seseorang untuk belajar dan mengatur suasana hati.

Sementara itu dilansir dari NDTV, pisang mentah memiliki manfaat kesehatan tersendiri yang perlu diketahui.

1. Diabetes

Kandungan gula dalam pisang mentah yang sangat rendah sangat bagus bagi penderita diabetes. Karena, pisang memiliki indeks glikemik (GI) kurang dari 55, yang bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Namun, pisang mentah juga bisa menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan pada seseorang yang memiliki pencernaan lemah.

2. Menurunkan berat badan

Pisang mentah kaya akan serat membantu Anda tetap kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan. Orang yang menjalankan program penurunan berat badan bisa mengonsumsi pisang mentah untuk mengurangi rasa lapar.

BACA SELANJUTNYA

5 Manfaat Kesehatan Daun Singkong yang Perlu Anda Tahu