Jum'at, 29 Maret 2024
Yasinta Rahmawati : Minggu, 19 April 2020 | 22:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Air Susu Ibu (ASI) memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang sang bayi. Dalam temuan terbaru, peneliti menemukan bahwa sejumlah kecil ASI bahkan sangat memengaruhi akumulasi populasi virus dalam usus bayi.

Hal ini pun memberikan efek perlindungan terhadap virus yang berpotensi patogen pada bayi. Demikian menurut para peneliti yang memeriksa ratusan bayi dalam sebuah studi dari Perelman School of Medicine di University of Pennsylvania, dilansir dari Medical Express.

Temuan ini berkembang setelah penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa menyusui memainkan peran penting dalam interaksi antara bayi dan lingkungan mikroba.

Penelitian terbaru ini dapat memengaruhi strategi untuk pencegahan gangguan pencernaan dini, dan mendorong ibu untuk memberi ASI bayi bahkan ketika dicampur dengan susu formula.

Temuan yang dipublikasikan di Nature ini mengukur jumlah dan jenis virus dalam tinja pertama dan tinja berikutnya bayi baru lahir di Amerika Serikat dan Botswana, menggunakan pengurutan genom tingkat lanjut dan metode lain.

Ilustrasi ibu menyusui. (pexels)

Setelah melahirkan, bayi memiliki sedikit atau tidak ada kolonisasi. Tetapi dalam satu bulan populasi virus dan bakteri berkembang dengan baik, dengan jumlah virus mencapai satu miliar per gram isi usus.

Sebagian besar gelombang pertama virus ternyata adalah predator yang tumbuh pada bakteri pertama yang menjajah usus bayi. Kemudian, pada empat bulan, virus yang dapat bereplikasi di sel manusia dan berpotensi membuat manusia sakit lebih menonjol pada tinja bayi.

Efek perlindungan yang kuat terlihat pada menyusui, yang menekan akumulasi virus yang berpotensi patogen ini. Hasil serupa terlihat untuk bayi dari Amerika dan Botswana. Kesimpulan lain dari karya ini adalah bahwa ASI bisa menjadi pelindung bahkan jika kadang-kadang dicampur dengan susu formula, dibandingkan dengan diet dengan susu formula saja.

"Temuan ini dapat membantu kita lebih memahami mengapa beberapa bayi jatuh sakit dan mengembangkan infeksi yang mengancam jiwa pada bulan-bulan pertama kehidupan mereka," kata penulis senior Frederic Bushman, Ph.D., ketua departemen Mikrobiologi.

"Lokasi ibu dan bayi tampaknya berperan, mungkin karena jenis dan jumlah mikroorganisme yang terpapar bayi terhadap lingkungan," kata penulis pertama Guanxiang Liang, Ph.D., seorang peneliti pascadoktoral di departemen Mikrobiologi. "Namun demikian, bayi yang lahir di Botswana tampaknya masih mendapat manfaat dari menyusui, baik secara eksklusif maupun tambahan dari konsumsi susu formula."

BACA SELANJUTNYA

Dokter: Antibodi Virus Corona Bisa Bertahan Dalam ASI Sampai 10 Bulan