Jum'at, 29 Maret 2024
Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni : Senin, 15 Juli 2019 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Viral seorang ibu asal Malaysia, Afiza Jamaludin mengungkapkan tentang sakit perut yang dialami putrinya. Ia mengatakan putrinya kerap sakit perut, bahkan yang terakhir membuatnya tak bisa berdiri

Awalnya, ia mengira anaknya mengalami masalah lambung, tetapi kondisinya justru semakin buruk hingga anaknya tidak bisa berdiri tegak.

Dokter mengatakan kondisi tersebut kemungkinan disebabkan oleh banyaknya kotoran di usus besar anaknya. Ternyata banyak tinja yang masih terjebak di dalamnya.

Menurut dokter, kotoran yang menumpuk di usus besar itulah yang menyebabkan anaknya sakit perut. Selain itu, kondisi ini biasa terjadi pada anak yang hampir tidak pernah makan sayur dan buah.

Melansir dari Daily Mail, banyak bahaya penyakit jika anak tidak pernah makan sayur dan buah-buahan. Penelitian menemukan anak-anak yang tidak makan sayur dan buah cenderung 53 persen berisiko asma.

Seorang anak sakit perut karena banyak kotoran menumpuk di usus. (Facebook/Afiza Jamaludin)

Para peneliti dari Americah College of Allergy pun menemukan 21 persen anak-anak yang tidak makan sayur berisiko menderita asma. Angka ini lebih tinggi dibandingkan tingkat risiko pada anak-anak yang konsumsi sayur, yakni hanya 17 persen.

Kondisi ini sangat mungkin terjadi karena tubuh lebih rentan terhadap penyakit dan virus pernapasan akibat kekurangan nutrisi dari sayur dan buah.

Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)

Selain itu melansir dari hellosehat.com, anak-anak yang tidak pernah makan sayur dan buah sejak kecil bisa berisiko mengalami 3 kondisi, antara lain: 

1. Masalah berat badan berlebih

2. Masalah pencernaan, seperti sembelit dan wasir

3. Berisiko kolesterol dan gula darah tinggi

BACA SELANJUTNYA

Sering Sakit Perut di Malam Hari? Ketahui Beberapa Penyebabnya!