Rabu, 01 Mei 2024
Vika Widiastuti | Yuliana Sere : Kamis, 07 Maret 2019 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

6. Kekerasan terhadap perempuan

Perempuan dapat mengalami berbagai bentuk kekerasan fisik dan seksual, baik oleh pasangan maupun orang lain.

Saat ini, satu dari tiga wanita di bawah 50 tahun telah mengalami kekerasan fisik dan/atau seksual oleh pasangan atau kekerasan seksual dari yang bukan pasangan.

Kekerasan ini memengaruhi kesehatan fisik dan mental mereka dalam jangka pendek dan panjang.

7. Kesehatan mental

Bukti menunjukkan wanita lebih rentan daripada pria untuk mengalami kecemasan, depresi, dan keluhan somatik, gejala fisik yang tidak dapat dijelaskan secara medis.

Depresi adalah masalah kesehatan mental yang paling umum bagi wanita dan bunuh diri merupakan penyebab utama kematian bagi wanita di bawah 60.

8. Penyakit tidak menular

Pada tahun 2012, sekitar 4,7 juta perempuan meninggal karena penyakit tidak menular sebelum mereka mencapai usia 70 tahun.

Ilustrasi pelecehan seksual. (Unsplash/@vidhyaa)

 

Kebanyakan dari mereka di negara berpenghasilan rendah dan menengah. Mereka meninggal akibat kecelakaan lalu lintas di jalan, penggunaan tembakau yang berbahaya, penyalahgunaan alkohol, obat-obatan dan zat-zat dan obesitas.

9. Saat muda

 Gadis remaja menghadapi sejumlah tantangan kesehatan seksual dan reproduksi, seperti IMS, HIV, dan kehamilan.

Sekitar 13 juta gadis remaja di bawah 20 melahirkan setiap tahun. Komplikasi dari kehamilan dan persalinan merupakan penyebab utama kematian ibu muda tersebut. Banyak yang menderita akibat aborsi yang tidak aman.

10. Saat tua

Setelah sering bekerja di rumah, wanita yang lebih tua mungkin memiliki lebih sedikit dana pensiun dan tunjangan, lebih sedikit akses ke perawatan kesehatan dan layanan sosial daripada rekan pria.

Risiko kemiskinan yang lebih besar dengan kondisi lain di usia tua, seperti demensia bisa membuat mereka memiliki risiko pelecehan yang lebih tinggi dan umumnya kesehatan yang buruk.

BACA SELANJUTNYA

Apa Benar Miss V yang Sehat Berarti Tidak Berbau?