Jum'at, 29 Maret 2024
Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C : Sabtu, 25 Agustus 2018 | 15:37 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Mengikat rambut merupakan salah satu tatanan rambut favorit para wanita karena mudah dan simple. Saat cuaca panas atau saat rambut sedang lepek, mengikat rambut menjadi pilihan yang tepat.

Selain itu, mengikat rambut membuat rambut terlihat lebih rapi dan tidak berantakan. Tapi ternyata mengikat rambut terlalu sering dan terlalu kuat akan menimbulkan efek buruk pada rambut kamu.

Sebagai contoh, seorang balerina yang punya pengalaman buruk akibat terlalu sering dan kuat dalam mengikat rambut.

Diva Hollands (self)

Dilansir DailyMail, seorang balerina bernama Diva yang sejak usia 3 tahun mengikuti balet dan ibunya selalu mendandani rambut Diva dengan sanggul yang kuat, mengalami kebotakan pada usia 13 tahun.

Simak yuk beberapa efek buruk akibat terlalu sering mengikat rambut.

1. Rambut mudah patah

Mengikat rambut terus menerus akan melemahkan rambut, sehingga rambut menjadi rentan rusak dan mudah patah. Apalagi jika mengikat rambut di tempat yang sama.

2. Menyebabkan ketombe dan gatal

Terlalu sering mengikat rambut juga menyebabkan ketombe dan gatal. Hal ini terjadi karena sirkulasi rambut terlalu rapat dan air tidak cepat menguap sehingga kulit kepala mudah gatal.

3. Rambut menjadi rontok

Efek berikutnya yaitu rambut menjadi cepat rontok. Rambut yang rontok bisa menyebabkan pertumbuhan rambut terhambat dan terjadi kebotakan di salah satu area kepala.

Tak hanya itu, jika kamu mengikat rambut saat dalam keadaan basah juga dapat menyebabkan rambut rontok. Karena saat basah rambut dalam keadaan yang paling rapuh.

Saat mengikat rambut terlalu kuat, tak jarang juga ada beberapa helai rambut yang ikut tertarik. Secara tidak langsung, rambut otomatis rontok karena karet rambut.

Sebaiknya, jangan terlalu sering dan kuat dalam mengikat rambut ya. Jika ingin mengikat rambut gunakan karet yang sedikit longgar agar rambut dapat bernafas.

BACA SELANJUTNYA

Rambut Rontok setelah Melahirkan? Normal Kok!