Jum'at, 29 Maret 2024
Galih Priatmojo | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Kamis, 16 Agustus 2018 | 18:26 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Nyeri perut ketika haid seringkali dialami para wanita. Hal itu sungguh menyiksa karena bisa mengganggu kegiatan yang sedang dilakukan. Bahkan saking parahnya, terkadang nyeri haid membuat wanita pingsan.

Jika sudah parah, memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan rahim. Dikarenakan nyeri haid yang berlebihan dan tidak wajar berkaitan erat dengan penyakit serius yang menyerang rahim.

Penyakit tersebut di antaranya fibroid, radang panggul, penyempitan serviks, adenomiosis, dan endometriosis. Lalu bagaimana mengatasinya?

ilustrasi mengatasi nyeri haid (Today Show)

Jika nyeri yang dirasakan berlebihan, ada baiknya kamu langsung berkonsultasi ke dokter kandungan supaya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Namun jika nyeri yang dirasakan masih dalam batas wajar, maka kamu bisa melakukan beberapa cara pencegahan yang disarankan dr. Irvandi di bawah ini.

1. Menerapkan pola hidup sehat
Apapun penyakitnya, jawabannya memang selalu menerapkan pola hidup sehat. Ini dikarenakan kebiasaan buruk memang bisa memicu munculnya beragam penyakit.

Nah, agar perut kamu tidak sakit ketika haid maka berhentilah mengonsumsi minuman beralkohol. Makan makanan yang bergizi serta lakukan olahraga secara rutin.

2. Minum suplemen
Kamu bisa minum suplemen yang mengandung omega 3, vitamin E, B1 dan B6 yang mana mampu meredakan rasa nyeri ketika menstruasi. Atau kamu juga bisa lho, perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi di atas.

3. Kompres perut

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mengompres perut dengan air hangat. Cara ini terbilang cukup efektif lho, mengingat air hangat bisa membantu melancarkan aliran darah.

Demikian tiga langkah mudah mengatasi nyeri haid. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan mampu mengatasi nyeri haid kamu ya!

BACA SELANJUTNYA

Bolehkah Konsumsi Makanan Asam Saat Menstruasi? Ini Kata Dokter!