Jum'at, 29 Maret 2024
Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah : Senin, 11 November 2019 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Jutaan kasus demam berdarah dengue (DBD) banyak terjadi setiap tahunnya di dunia. Kondisi ini pun dapat terjadi pada siapa saja.

Umumnya, DBD adalah penyakit menular akibat salah satu empat virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Tapi, ada kasus baru dari Spanyol tentang penyakit ini.

Otoritas Spanyol telah mengonfirmasi pada Jumat (8/11/2019) bahwa ada seorang pria telah menularkan DBD kepada pasangannya melalui hubungan intim, dan ini adalah kasus pertama yang pernah ada di dunia.

Kasus ini muncul setelah seorang pria berusia 41 tahun menderita demam berdarah setelah berhubungan intim dengan pasangan prianya yang sudah terinfeksi virus setelah digigit nyamuk di Kuba.

Nyamuk. (Shutterstock)

Penyakit ini didiagnosis pada pria tersebut pada September 2019. Saat itu, dokter yang menanganinya pun bingung mengapa pria ini terkena DBD, padahal ia tidak pernah pergi ke negara mana pun yang umum dengan demam berdarah.

Akhirnya sang dokter menduga hal ini berasal dari pasangannya, yang juga menunjukkan gejala sama tetapi tidak begitu parah.

"Sperma mereka dianalisis dan hasilnya menunjukkan mereka tidak hanya menderita demam berdarah, tetapi juga virus yang persis sama yang beredar di Kuba," kata petugas kesehatan Madrid, Susana Jimenez.

Dokter pun mengimbau bagi pasangan yang aktif secara seksual dan terkena infeksi ini untuk melakukan pemeriksaan secara rutin agar tidak menularkan virus kepada orang lain di sekitar mereka.

BACA SELANJUTNYA

Ketahui Perbedaan Gejala Omicron dan DBD, Beberapa Tanda Ini Perlu Diwaspadai