Jum'at, 29 Maret 2024
Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni : Selasa, 15 Oktober 2019 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Komedian Pandji Pragiwaksono kini tengah menjalani rawat inap akibat mengalami sleep apnea di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran. Pandji Pragiwaksono pun menceritakan sedikit kondisi medisnya melalui Instagram.

Pandji Pragiwaksono mengatakan sedang menjalani rawat inap karena dokter perlu memeriksa kondisi jantung, otak dan organ tubuh lainnya yang terkait permasalahan sleep apnea.

Komedian Pandji Pragiwaksono juga mengaku sudah mengalami sleep apnea sejak lama. Sehingga ia khawatir kondisinya justru lebih parah jika diabaikan.

Seperti yang Anda ketahui sleep apnea adalah gangguan tidur yang membuat pernapasan seseorang berhenti berulang kali saat tidur. Gejalanya termasuk ngantuk di siang hari, mendengkur keras dan tidur gelisah.

Kondisi ini termasuk masalah umum yang terkait dengan penurunan kesehatan secara keseluruhan dan pengobatannya tergantung pada tingkat keparahannya.

Ilustrasi gangguan tidur (shutterstock)

Selain itu, dilansir dari webmd, sleep apnea juga bisa menyebabkan risiko komplikasi yang mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan baik.

1. Tekanan darah tinggi
2. Gagal jantung, detak jantung tidak teratur dan serangan jantung
3. Diabetes
4. Depresi
5. Memburuknya ADHD
6. Sakit kepala
7. Kelelahan kronis
8. Mulut kering atau sakit tenggorokan

Sleep apnea yang tidak diobati juga bertanggung jawab atas kinerja buruk dalam kegiatan sehari-hari, baik saat bekerja di kantor, sekolah maupun berkendara.

Perlu diketahui pula kondisi ini bisa memengaruhi siapa pun dari segala usia, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Karena itu, gejala sleep apnea yang terkesan ringan tidak seharusnya diabaikan. Siapa pun yang merasa kelelahan kronis atau pusing harus berkonsultasi dengan penyedia medis untuk mengetahui penyebabnya dan segera mendapat pengobatan.

BACA SELANJUTNYA

Jangan Sepelekan Mimpi Buruk, Bisa Jadi Pertanda Anda Alami 4 Penyakit Ini