Senin, 29 April 2024
Rauhanda Riyantama : Rabu, 18 Juli 2018 | 19:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Menjaga stamina agar tetap bugar saat bekerja menjadi PR (pekerjaan rumah) tersendiri bagi setiap orang. Khususnya bagi pria, stamina yang prima dituntut agar pekerjaan terselesaikan dengan baik.

Banyak kasus, jika stamina berkurang maka fokus dalam bekerja akan terganggu. Dampaknya produktivitas berkurang, bahkan paling parah bisa saja dipecat dari pekerjaan.

Lebih lagi bagi seorang wirausahawan, jika kondisi kesehatan menurun terus-menerus tanpa solusi pasti. Bisa dipastikan servis  yang diberikan akan terganggu, sehingga konsumen atau klien perlahan-lahan pergi.

Lalu bagaimana menjaga stamina di tengah ketatnya tuntutan pekerjaan dan target usaha? Kali ini Himedik memberikan tips sederhana untuk menjaga stamina pria.

Tips Sederhana Menjaga Stamina

1. Olahraga teratur

Menyempatkan waktu untuk olahraga di tengah deadline pekerjaan memang membutuhkan komitmen khusus. Namun, tak perlu risau. Karena banyak pilihan olahraga yang bisa dilakukan di tempat kerja. Cukup dengan metode 7 minute workout, kombinasi push-up, sit-up, plank, jumping, dan squats.

Jika masih kurang, bisa berjalan kaki saat istirahat makan, atau mencari kesibukan lainnya. Rajin jalan kaki dapat meningkatkan kardio dalam tubuh. Gampang bukan?

2. Kurangi Begadang dan Berhenti Merokok

Ilustrasi. (shutterstock)

Begadang dan merokok memang akrab bagi laki-laki. Apalagi jika pekerjaan sedang banyak-banyaknya, bisa dipastikan begadang menjadi solusi praktis. Nah, selama begadang itu pula, rokok menjadi agenda wajib bagi para penikmatnya.

Namun, jika itu keseringan dilakukan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Sebab hormon testosteron pria diproduksi pagi hari, jika sering begadang hingga pagi akan menjadikan kebingungan biologis. Akibatnya stamina akan menurun di tempat kerja.

3. Selalu berpikir positif

Pikiran menjadi biangnya segala urusan. Jika pikiran sudah kacau biasanya akan terbawa di lingkungan kerja. Ujung-ujungnya pekerjaan terbengkalai dan pikiran semakin tak karuan.

Maka, solusinya selalu berpikir positif dalam segala hal. Agar tingkat stres menurun dan bekerja menjadi giat. Dan yang paling penting jangan sampai masalah di rumah di bawa ke pekerjaan, begitu juga sebaliknya.

4. Rajin konsumsi ikan

Ilustrasi. (shutterstock)

Ikan banyak mengandung zat Omega-3, asam lemak DHA, dan EPA yang baik untuk jantung dan kesehatan. Ikan juga baik untuk mencegah stroke dan penuaan dini bagi pria, bahkan di klaim dapat meningkatkan performa kognisi (otak) bagi pria sehingga lebih cemerlang di tempat kerja.

BACA SELANJUTNYA

Sering Kerja Shift Malam Tingkatkan Risiko Fibrilasi Atrium, ini Sebabnya!