Sabtu, 04 Mei 2024
Shevinna Putti Anggraeni : Selasa, 19 April 2022 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Buah adalah makanan sehat yang lezat dan manis. Buah-buahan juga memiliki berbagai macam nutrisi yang penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan.

Selain buah, biji buahnya juga memiliki beberapa manfaat kesehatan pada tubuh tetapi sering kali tidak disadari.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, 5 jenis biji buah yang bisa dikonsumsi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

1. Biji semangka

Semangka adalah buah yang memiliki banyak kandungan air. Selain daging buahnya, biji buah semangka juga penuh dengan vitamin C dan antioksidan yang digunakan untuk mengobati jerawat dan membantu mendapatkan kulit yang lebih baik secara keseluruhan.

Anda bisa memakannya dengan menambahkan sedikit minyak zaitun dan sedikit garam sebelum memanggangnya di oven. Anda juga bisa memakannya langsung dari buahnya karena mudah dicerna.

biji semangka (Pixabay/PDIPics)

2. Biji pepaya

Selain rasanya yang enak, pepaya adalah buah yang bergizi an manfaatnya sudah tidak diragukan lagi. Biji pepaya juga kaya akan enzim yang dikenal sebagai papain, yang membantu meningkatkan kemampuan pencernaan.

Makan biji pepaya ini baik untuk sistem pencernaan dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Anda bisa mengunyahnya bersamaan dengan buahnya atau ditambahnya sebagai bumbu salad.

3. Biji delima

Buah delima mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh. Di sisi lain, biji buah delima dalam dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Cara makan biji pepaya, Anda bisa menaburkannya pada makanan penurun berat badan Anda atau menekannya untuk membuat jus yang sehat

4. Biji alpukat

Alpukat salah buah yang menyehatkan. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa biji alpukat adalah sumber yang kurang dimanfaatkan dan sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Saat Anda mengiris alpukat, ambil bijinya dan kupas kulitnya yang berwarna cokelat sebelum dikeringkan. Lalu, masukkan bijinya ke dalam blender hingga berbentuk bubuk yang dapat digunakan sebagai tambahan untuk smoothie atau teh.

5. Biji jeruk

Jeruk adalah buah yang kaya vitamin C. Namun, biji jeruknya tidak pernah menjadi bagian dari makanan kaya jeruk yang ingin kita nikmati.

Tetapi yang tidak kita ketahui adalah bahwa biji jeruk itu dapat mempercepat tingkat energi dalam tubuh kita.

BACA SELANJUTNYA

Ingin Turunkan Gula dan Kecilkan Pinggang? Yuk Konsumsi Biji-bijian Utuh