Minggu, 28 April 2024
Yasinta Rahmawati : Senin, 06 Desember 2021 | 09:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Usai melakukan banyak aktivitas, kelelahan adalah hal wajar yang dirasakan semua orang. Untuk itu, disarankan istirahat sejanak agar energi terisi kembali.

Namun bagaimana jika sudah banyak istirahat tapi tetap merasa lelah sepanjang hari? Apakah Anda salah satu yang merasakannya?

Dihimpun dari Suara.com---Jaringan Himedik.com, berikut ini sebab seorang mudah lelah seperti dilansir dari Healthline.

1. Terlalu banyak makan karbohidrat

Seperti protein, tubuh juga membutuhkan karbohidrat. Tapi jika terlalu banyak karbohidarat bisa menyebabkan Anda merasa lelah sepanjang hari. Di sisi lain, jika Anda mengonsumsi gula dan karbohidrat olahan, ini bisa menyebabkan peningkatan gula darah lebih cepat.

2. Kualitas tidur berkurang

Cukup tidur merupakan hal esensial agar tubuh tidak mudah lelah. Menurut penelitian dari American Academy of Sleep Medicine and Sleep Research Society, waktu yang dibutuhkan untuk tidur adalah minimal tujuh jam per malam.

Maka dari itu, perbaiki jam tidur Anda jika masih suka begadang. Namun jika Anda masih kesulitan tidur, ada baiknya konsultasi dengan dokter spesialis terdekat.

Merasa lelah.

3. Kurang asupan kalori

Kalori merupakan energi yang berfungsi memicu proses pernapasan dan mempertahankan suhu tubuh. Jika Anda mengonsumsi terlalu sedikit kalori, metabolisme tubuh akan melambat, sehingga berpotensi menyebabkan kelelahan.

Selain itu, untuk mencegah metabolisme tubuh yang melambat, asupan kalori yang dibutuhkan minimal 1.200 kalori per hari.

4. Kurang asupan protein

Selain terbukti meningkatkan metabolisme, protein dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus mencegah kelelahan.

Dalam sebuah penelitian, tingkat kelelahan yang dilaporkan lebih rendah di antara mahasiswa Korea yang meengonsumsi protein tinggi. Seperti ikan, daging, telur, dan kacang-kacangan yang dikonsumsi dua kali sehari.

Studi lain juga menunjukkan, diet tinggi protein cenderung menghasilkan lebih sedikit kelelahan bagi atlet angkat besi dan orang yang melakukan latihan ketahanan.

5. Tingkat stres tinggi

Beberapa penelitian menemukan stres berlebihan telah dikaitkan dengan penyebab kelelahan. Meski tidak mudah menghindari situasi stres, perlu adanya strategi dalam mengelola stres. Misalnya dengan melakukan yoga maupun meditasi.

BACA SELANJUTNYA

Hindari Begadang, Durasi Tidur Malam Berpengaruh pada Risiko Penyakit Jantung