Senin, 29 April 2024
Fita Nofiana : Jum'at, 16 Juli 2021 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Banyak budaya menggunakan buah nanas dan jusnya sebagai obat tradisional untuk mengobati atau mencegah berbagai penyakit. Hal ini disebabkan karena buahnya dikemas dengan mangan, tembaga, vitamin B6, dan vitamin C.

Melansir dari Healthline, buah nanas atau buah nanas secara umum kaya akan berbagai vitamin dan mineral. Berikut beberapa manfaat minum jus nanas untuk kesehatan, antara lain:

1. Dapat menekan peradangan

Buah nanas dapat membantu mengurangi peradangan yang diyakini sebagai akar penyebab banyak penyakit kronis. Hal ini mungkin sebagian besar karena kandungan bromelainnya. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini sama efektifnya dengan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) tetapi dengan efek samping yang lebih sedikit.

Dalam hal ini, nanas mengandung bromelain, sekelompok enzim yang dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh trauma, cedera, pembedahan, rheumatoid arthritis, atau osteoarthritis. Namun, diperlukan lebih banyak studi khusus jus.

Ilustrasi nanas. (Pexels.com/Carlo Martin Alcordo)


2. Dapat meningkatkan kekebalan 

Nanas dapat berkontribusi pada sistem kekebalan yang lebih kuat. Studi tabung menunjukkan bahwa bromelain, campuran enzim yang secara alami ditemukan dalam jus nanas dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa nanas dapat berkontribusi pada sistem kekebalan yang lebih kuat. Ini juga dapat membantu meningkatkan efektivitas antibiotik. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum kesimpulan yang kuat dapat dibuat.

3. Dapat membantu pencernaan

Enzim dalam buah nanas berfungsi sebagai protease. Protease membantu memecah protein menjadi subunit yang lebih kecil, seperti asam amino dan peptida kecil, yang kemudian dapat lebih mudah diserap di usus Anda.

Bromelain, sekelompok enzim dalam nanas secara khusus dapat membantu meningkatkan pencernaan pada orang yang pankreasnya tidak dapat membuat cukup enzim pencernaan. 

4. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Bromelain yang secara alami ditemukan dalam buah nanas juga dapat bermanfaat bagi jantung Anda. Uji tabung dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa bromelain dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi, mencegah pembentukan bekuan darah, dan meminimalkan keparahan angina pektoris dan serangan iskemik transien, dua kondisi kesehatan yang disebabkan oleh penyakit jantung.

Beberapa penelitian menghubungkan bromelain yang secara alami ditemukan dalam nanas dengan penanda peningkatan kesehatan jantung. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian khusus jus nanas.

5. Dapat membantu melawan jenis kanker

Buah nanas mungkin memiliki potensi efek melawan kanker. Sekali lagi, ini mungkin sebagian besar karena kandungan bromelainnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bromelain dapat membantu mencegah pembentukan tumor, mengurangi ukurannya, atau bahkan menyebabkan kematian sel kanker.

BACA SELANJUTNYA

Letakkan Tanaman Hias di Dalam Rumah, Ini Manfaatnya untuk Otak!