Sabtu, 04 Mei 2024
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Rabu, 05 Mei 2021 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Mendiamkan terlalu lama memang dikenal tak baik untuk kesehatan. Dalam hal ini seorang ilmuwan bioteknologi menyatakan bahwa membiarkan makanan bertepung seperti pasta, mie, dan nasi terlalu lama bisa beracun.

Melansir dari Eat This, Anda bisa saja keracunan makanan dari pati yang dimasak yang telah disimpan terlalu lama.

"Dalam kasus yang paling parah, bahkan dapat menyebabkan kematian," kata peneliti bioteknologi Universitas Nasional Australia, Anukriti Mathur.

Keracunan makanan ini sering kali disebabkan oleh bakteri yang disebut Bacillus cereus. Ini adalah strain paling berbahaya yang menyebar di tanah dan makanan. Bacillus cereus menggunakan nutrisi yang ditemukan dalam beras, produk susu, rempah-rempah, makanan kering, dan sayuran untuk berkembang biak.

Ilustrasi pasta (Dok Elements Envato)

"Makanan bertepung, seperti nasi adalah sumber makanan paling umum yang terpengaruh bakteri ini," kata Mathur. Bakteri tersebut melepaskan dua jenis racun, pertama racun yang menyebar ke seluruh makanan di mana dapat menyebabkan muntah, Yang kedua, racun dilepaskan di dalam usus kecil setelah makanan dikonsumsi menyebabkan kram dan diare.

Dalam beberapa kasus, paparan B. cereus bisa menjadi serius. Menurut srtikel jurnal tahun 2005 yang mengutip studi kasus tahun 2003 menunjukkan lima anak dari keluarga Belgia yang mengembangkan gejala keracunan makanan setelah makan salad pasta setelah dimasak beberapa hari sebelumnya. Dua anak mengalami gangguan pernapasan akut, dan salah satu dari keduanya meninggal karena gagal hati.

BACA SELANJUTNYA

Jarang Disadari, 5 Superfood Ini Mudah Ditemui dan Baik untuk Dikonsumsi