Kamis, 18 April 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Minggu, 25 April 2021 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Para ilmuwan di Inggris telah menemukan bukti manusia bisa menularkan virus corona Covid-19 ke hewan peliharaannya, seperti kucing.

Para peneliti dari University of Glasgow telah mengamati kucing di Inggris untuk mengidentifikasi 2 kasus hewan yang tertular virus corona Covid-19.

Selama kenelitian, kedua kucing tidak tinggal serumah dan berbeda-beda jenis. Keduanya mengembangkan gejala pernapasan ringan hingga parah, yang tak lama setelah pemiliknya juga mengalami gejala virus corona.

Lalu, seekor kucing pun disuntik mati setelah kondisinya memburuk. Hasil pemeriksaan pada paru-paru kucing menemukan adanya kerusakan akibat pneumonia virus serta infeksi virus corona Covid-19.

Kucing lain dari jenis Siam yang berusia 6 tahun juga mengalami gejala virus corona Covid-19, setelah pemeliknya dinyatakan positif terinfeksi. Kucing tersebut hanya mengalami gejala ringan berupa keluarnya cairan dari hidung dan konjungtivitis, lalu sembuh.

Studi yang diterbitkan dalam Vetenary Record juga mendukung bukti yang ada, bahwa manusia bisa menularkan penyakit baru kepada kucing. Studi terpisah juga menemukan bahwa anjing juga bisa tertular virus dari pemiliknya.

Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)

Ada juga hewan eksotis, seperti harimau dan berang-berang yang terinfeksi virus corona Covid-19, kemungkinan tertular dari pawangnya di kebun binatang.

Meskipun para peneliti mengatakan hewan tidak memainkan peran penting dalam penelitian virus ke manusia, studi ini tetap menarik perhatian.

"Dua kasus penularan virus corona dari manusia ke hewan yang ditemukan pada kucing di Inggris, menunjukkan betapa pentingnya meningkatkan pemahaman kita tentang infeksi virus corona Covid-19," kata Profesor Margaret Hosie, dari Universitas Glagow dikutip dari Fox News.

Menurut Pusat Penelitian Virus, sekarang ini penularan virus dari hewan ke manusia merupakan risiko yang relative rendah bagi kesehatan masyarakat di daerah penularan virus antara manusia yang masih tinggi

Tapi, seiring dengan menurunkannya kasus infeksi virus dari manusia, penularan antar hewan perlu diwaspadai sebagai sumber potensial penularan penyakit.

Temuan ini pun telah menunjukkan bahwa penularan virus corona Covid-19 dari manusia ke kucing terjadi selama pandemi virus corona Covid-19 di Inggris. Gejalnya yang dialami pun berupa penyakit pernapasan ringan atau parah.

BACA SELANJUTNYA

Infeksi Cacar Monyet 100 Kali Lebih Menyakitkan Daripada Covid-19, Ini Pengakuan Penyintas!