Minggu, 11 April 2021
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Rabu, 07 April 2021 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Salah satu hal yang perlu Anda pastikan selama pandemi adalah tetap menjaga kekebalan tubuh. Sayangnya beberapa makanan yang sering Anda konsumsi malah bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh tanpa Anda sadari.

Melansir dari Healthshots, beberapa penelitian menunjukkan makanan yang tinggi kalori, gula, lemak jenuh dan mengandung garam berlebih dapat menurunkan kemampuan sistem kekebalan Anda. Berikut beberapa asupan yang sering dikonsumsi namun bisa merusak sistem kekebalan, antara lain:

1. Soda dan Alkohol

Minuman seperti soda, teh manis, minuman berenergi, dan alkohol dikaitkan dengan dampak negatif pada kesehatan manusia. Minuman ini dapat meningkatkan produksi hormon stres kortisol mengganggu kadar gula darah dan mengganggu fungsi insulin yang semuanya dapat melemahkan sistem kekebalan.

2. Permen

Lonjakan kadar gula darah setelah asupan permen dapat mengganggu jalur kekebalan dan melemahkan sistem kekebalan Anda. Permen, permen karet, dan jeli kaya akan gula yang dapat menyebabkan sistem kekebalan meningkatkan produksi radikal bebas yang melemahkannya.

Tanpa Kuas, Ajaibnya Wanita Ini Gunakan Roti Tawar untuk Melukis. (Pixabay/@postcardtrip)

3. Keripik kentang

Kentang goreng mengandung lemak yang tinggi. Makanan yang digoreng, seperti keripik kentang adalah penyebab utama di balik gangguan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan sistem kekebalan yang lemah.

4. Daging merah

Daging merah (sapi, babi, dan domba) mengandung lemak jenuh tingkat tinggi yang dapat meningkatkan kolesterol darah. Makanan ini bisa melemahkan sistem kekebalan dan memiliki efek buruk pada kesehatan jantung.

5. Roti tawar

Roti tawar, biskuit, kue, dan kue kering memiliki efek yang sangat negatif pada sistem kekebalan karena terbuat dari tepung putih yang cenderung tinggi kalori dan rendah nutrisi. Makanan ini juga dapat menyebabkan peradangan, resistensi insulin, dan penambahan berat badan.

6. Es krim

Es krim memang menyegarkan, namun es krim biasanya dikemas dengan krim lemak dan susu yang membuatnya tinggi lemak jenuh dan gula yang dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba dan bisa memengaruhi sistem kekebalan Anda.

7. Kopi

Karena sifat antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi, kopi baik untuk kesehatan tetapi tingkat keasaman kopi dapat pengaruhi tingkat keasaman secara keseluruhan dalam tubuh. Terlalu banyak asupan kafein menyebabkan gangguan pencernaan, kembung, dan sakit perut yang dapat menghambat sistem kekebalan Anda.

BACA SELANJUTNYA

Pandemi Pengaruhi Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi, Terutama Sistem Kekebalan