Minggu, 28 April 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Minggu, 21 Maret 2021 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Demam dan pilak termasuk masalah penyakit ringan yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Sehingga rata-rata orang biasanya langsung mencari obat yang paling ampuh untuk meredakannya seketika.

Beberapa orang mungkin ingin obatnya bekerja dengan cepat mengatasi kondisinya. Untungnya, para ilmuwan telah menemukan metode yang bisa mempercepat kerja obat-obatan.

Menurut penelitian dalam Journal Pharmaceutical Research, Anda bisa minum obat menggunakan air panas agar lebih efektif mengatasi flu dan demam.

Minum obat dengan cara dilarutkan dalam air panas bisa membantu tubuh menyerap obat lebih cepat dan membuat Anda merasa lebih baik dalam waktu singkat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti untuk memahami kinerja parasetamol menemukan bahwa minum obat dalam bentuk minuman panas bisa membantu penyerapan lebih cepat, dibandingkan menelan obat tablet secara langsung.

Air panas bisa membantu tubuh menyerap obat lebih cepat dan bertindak lebih cepat dalam satu jam pertama setelah minum obat.

Ilustrasi obat-obatan (pixabay)

Pada penelitian tersebut, para peneliti mengumpulkan data dari 25 relawan pria sehat. Semua peserta diminta minum obat dalam bentuk tablet terlebih dahulu, kemudian meminumnya dengan cara dilarutkan dalam air panas.

Melalui metode pencitraan skintigrafi dan tes darah, mereka menyimpulkan bahwa tubuh menyerap 1.000 mg obat yang sama lebih baik dalam sachet minuman panas, dibandingkan dalam bentuk tablet.

Kenapa obat bisa terserap lebih baik jika dilarutkan dalam air hangat?

Menurut ahli dilansir dari Times of India, minum air hangat membantu pengosongan lambung lebih cepat, di mana makanan yang mengandung gula berpindah dari perut ke usus kecil lebih cepat.

Cara ini membantu mengurangi waktu yang dibutuhkan antara minum obat dan dimulainya pengendalian gejala. Dalam kata lain, minuman panas bisa membantu untuk memindahkan obat lebih cepat ke dalam usus kecil.

Sehingga obat tersebut memasuki aliran darah lebih cepat dan mulai meredakan ketidaknyamanan Anda. Tim peneliti juga menjelaskan bahwa parasetamil lebih larut dalam air panas dibandingkan air dingin.

Selain itu, suhu minuman juga bisa membantu memecah obat lebih cepat dan membantunya memasuki aliran darah dalam waktu lebih singkat.

Jika Anda ingin hasil yang terbaik dan efektif, larutkan parasetamol dalam segelas air hangat. Tapi ingat, Anda harus menggunakan air putih hangat, bukan air hangat lain.

Karena, air putih bersifat netral dan tidak mengubah komposisi obat, Sedangkan, minum obat pakai susu, kafein dan jus buah bisa memberikan beberapa efek samping negatif.

Bahkan menelan obat tanpa air minum bisa meningkatkan risiko tersedak, menyebabkan iritasi dan pembengkakan di kerongkongan.

Pada akhirnya, kondisi ini bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti mulas, nyeri dada, dan menyebabkan pendarahan.

BACA SELANJUTNYA

Minum Obat Pencahar Berlebihan Bisa Timbulkan 5 Bahaya Ini