Jum'at, 26 April 2024
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Sabtu, 06 Maret 2021 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Vaksin Covid-19 seperti vaksin lainnya juga bisa menimbulkan efek samping. Dalam hal ini efek samping tercacat ringan, mulai dari nyeri di bekas suntikan hingga demam.

Melansir dari Eat This, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyarankan Anda untuk minum banyak cairan setelah mendapatkan suntikan, terutama jika Anda mengalami demam. Minum banyak cairan sebelum disuntik juga mungkin akan memberikan manfaat.

Untungnya, Anda tidak harus bergantung pada air untuk membuat Anda tetap terhidrasi. Faktanya, ada banyak cara untuk menjaga asupan air tetap stabil. Dalam hal ini menurut Eat This, ada satu minuman khusus yang perlu Anda minum setelah mendapatkan vaksin.

Cobalah minum teh hijau setelah disuntik. Baik panas maupun dingin, meminum minuman yang menenangkan adalah cara terbaik untuk rehidrasi. Minuman ini juga membuat Anda mendapatkan tambahan antioksidan.

Manfat teh hijau ( Shutterstock )

Faktanya, teh hijau telah dipelajari untuk membantu melawan Covid-19. Menurut sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers, beberapa senyawa kimia yang ditemukan dalam teh hijau (serta teh cokelat dan hitam) mampu menghambat fungsi salah satu enzim utama dalam virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Ketika enzim ini kehilangan fungsinya, virus tidak dapat lagi bereplikasi dan menyebar ke seluruh tubuh.

Tentu saja penelitian tersebut masih butuh penelitian lebih lanjut. Namun, minum teh hijau juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan potensial lainnya, seperti mengurangi risiko kematian akibat diabetes bahkan membantu orang pulih dari serangan jantung, stroke, dan tentu saja bisa menenangkan Anda. 

BACA SELANJUTNYA

WHO: Wabah Cacar Monyet Bisa Dihentikan, Asalkan...