Jum'at, 19 April 2024
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Sabtu, 06 Maret 2021 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Tanpa disadari, beberapa makanan yang biasa Anda konsumsi bisa menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada tubuh. Hal ini yang kemudian akan menjadi masalah kesehatan untuk Anda.

Melansir dari Eat This, berikut lima makanan yang bisa merusak kesehatan tubuh Anda, antara lain:

1. Daging Olahan

Daging olahan disebut menjadi makanan yang sering dikonsumi namun merusak kesehatan.

"Bacon, sosis, dan daging olahan lainnya, seperti salami dan bologna sekarang dianggap sebagai karsinogen Kelas 1," kata internis Dana Simpler, MD, dari Mercy Medical Center di Baltimore, MD.

Karsinogen merupakan sejenis zat yang menjadi penyebab kanker.

"Diperkirakan 50.000 orang meninggal setiap tahun di seluruh dunia karena kanker yang disebabkan oleh daging merah dan daging olahan," imbuhnya.

2. Camilan Tinggi Gula

Camilan tinggi gula juga bisa berefek pada kesehatan Anda.

"Dengan makanan ini, otak mendapatkan terlalu banyak energi terlalu cepat, memaksa tubuh untuk bekerja lembur dan membuat stres dan membebani di tingkat sel," jelas ahli saraf Dean Sherzai, MD, PhD.

"Ketika ada terlalu banyak gula, sel-sel menjadi resisten terhadap insulin, menyebabkan resistensi insulin," kata Sherzais.

Kondisi ini tidak hanya memicu diabetes, tetapi pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan pada arteri yang menuju ke otak.

3. Makanan Microwave

Label nutrisi makanan microwave mungkin menyatakan bahwa makanan tersebut sehat, tetapi jika Anda memanaskannya dalam nampan plastik, Anda dapat menyebabkan masalah pada tubuh Anda.

"Tidak peduli seberapa sehat makanannya, jika Anda memasukkannya ke dalam microwave dengan plastik makanan, bahan kimia dalam plastik seperti BPA akan terlepas ke dalam makanan," kata Alicia Galvin, RD, ahli diet di Sovereign Laboratories.

Faktanya, tinjauan penelitian tahun 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Medicine (Baltimore) menemukan bahwa BPA dapat memicu pertumbuhan sel kanker payudara dan prostat.

4. Keripik Kentang

Karbohidrat tingg i yang digoreng seperti keripik kentang ini dapat merusak tubuh Anda.

"Keripik kentang menambahkan sejumlah besar karbohidrat inflamasi ke dalam makanan Anda bersama dengan lemak dan natrium," jelas ahli gizi Lisa Richards, penulis The Candida Diet.

Kandungan lemak jenuh dan natriumnya yang tinggi tidak hanya berkontribusi pada masalah kesehatan jantung tetapi juga dapat membuat Anda menambah berat badan.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine pada tahun 2011, keripik kentang adalah makanan yang paling mungkin dikaitkan dengan penambahan berat badan di antara subjek penelitian.

5. Roti Tawar

Tanpa Kuas, Ajaibnya Wanita Ini Gunakan Roti Tawar untuk Melukis. (Pixabay/@postcardtrip)

Ahli menunjukkan bahwa roti tawar mengandung gula dan karbohidrat yang tinggi. Namun yang tidak disadari banyak orang adalah bahwa makanan ini juga tinggi natrium yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Faktanya, sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa individu yang makan satu atau lebih potong roti tawar seminggu memiliki risiko 39 persen lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi dibandingkan dengan mereka yang makan roti putih tiga kali sebulan atau kurang.

BACA SELANJUTNYA

6 Makanan yang Baik untuk Otak, Berikut Rekomendasinya