Selasa, 30 April 2024
Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah : Selasa, 22 Desember 2020 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Putus hubungan percintaan kadang tidak menjadi akhir dari segalanya. Ada beberapa orang yang tetap berhubungan dengan mantan mereka di media sosial. Alasannya? Katanya, demi mempertahankan komunikasi.

Tapi, kolumnis nasihat hubungan berpengalaman dan penulis buku Breakup Bootcamp: The Science of Rewriting Your Heart, Amy Chan, berpendapat menghapus kontak atau akun mantan dari segala media sosial selalu menjadi ide yang bagus.

Chan belajar dari pengalamannya sendiri, klien-kliennya di Renew Breakup Bootcamp, hingga penelitian psikologi dan ilmu saraf tentang bagaimana otak serta tubuh bereaksi terhadap putusnya hubungan asmara.

"Bukan karena mereka orang jahat. Detoksifikasi dari mantan tidak berarti Anda membeci orang itu atau berakhir dengan cara yang buruk," kata Chan, dilansir Insider.

Di sisi lain, hal itu juga bukan berarti Anda tidak bisa lagi berteman dengan mantan di masa depan.

Ilustrasi media sosial di iphone (Shutterstock)

"Anda memang membutuhkan periode waktu untuk pikiran, tubuh, hati, dan jiwa. Untuk transisi dari hubungan yang intim dan romantis ke hubungan lain," sambungnya.

Menghapus kontak mantan bisa membantu otak beralih dari hubungan yang kandas. Mengapa bisa demikian?

Chan menjelaskan bahwa saat seseorang menjalin hubungan dengan teman, pacar, atau orang lain, otak akan membentuk jalur saraf yang bekaitan dengan kenangan yang dimiliki dengan orang tersebut.

Ketika orang tersebut tidak lagi ada karena putus hubungan, otak akan menciptakan respons perpisahan yang menimbulkan sakit hati, kesedihan, dan duka.

Berdasarkan analisisnya, Chan menyimpulkan bahwa foto, video, dan pengingat lain yang berkaitan dengan orang itu akan memicu otak mengingat rasa kehilangan tersebut.

Hal ini tentu membuat otak lebih sulit untuk memotong jalur saraf yang dibangun berbulan-bulan atau bertahun-tahun saat bersama.

Jadi, menghapus pengingat mantan dari galeri foto, dan memblokirnya di media sosial dapat memberi otak waktu untuk beristirahat sehingga akan membangun jalur saraf baru.

Chan menyarankan untuk memberi diri Anda setidaknya 30 hari untuk detoksifikasi dari melihat mantan di media sosial setelah putus cinta. "Tapi 60 hari adalah waktu idealnya," tandas Chan.

BACA SELANJUTNYA

Tak Cuma Menghibur, Simak 5 Potensi Masalah Mental Akibat Media Sosial