Selasa, 16 April 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Rabu, 09 Desember 2020 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Sebelumnya, para ahli menyarankan semua orang untuk memakai masker ketika keluar rumah. Kini, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika mendesak semua orang tetap memakai masker di dalam ruangan selama pandemi virus corona Covid-19.

Dalam laporan mingguan tentang morbiditas dan kematian, CDC memperingatkan bahwa Amerika telah memasuki fase penularan virus corona tingkat tinggi.

"Banyak orang menghabiskan waktu di dalam ruangan selama musim dingin. Penyebaran virus secara diam-diam pun lebih berisiko terjadi. Sekitar 50 persen kasus penularan virus corona berasal dari orang tanpa gejala," kata laporan tersebut dikutip dari Fox News.

Amerika Serikat telah memasuki fase penularan tingkat tinggi, sehingga perlu untuk menerapkan semua strategi kesehatan masyarakat berbasis bukti, baik pada tingkat individu maupun komunitas.

Selain pakai masker, strategi lain untuk melindungi diri dari virus corona adalah jaga jarak fisik, membatasi kontak fisik, menghindari ruangan tertutup, mengisolasi orang yang terinfeksi, pelacakan kontak dan melindungi orang yang berisiko terinfeksi.

Ilustrasi masker (Unsplash)

"Strategi ini bisa mengurangi penularan virus corona Covid-19, gejala jangka panjang, kecacatan, kematian serta mengurangi dampak ekonomi akibat pandemi," kata laporan tersebut.

Badan kesehatan itu mencatat bahwa menghentikan penyebaran virus corona sangat penting untuk menjaga bisnis dan sekolah tetap berjalan.

Laporan itu juga mengatakan masker N95 perlu disediakan untuk petugas kesehatan. Bagi masyarakat umum, masker kain atau masker sekali pakai non-medis juga sudah cukup bila digunakan dengan benar.

"Penggunaan masker wajah paling penting di dalam dan luar ruangan ketika jarak fisik 6 kaki tidak bisa diterapkan," jelasnya.

Anda juga harus memakai masker di dalam rumah bila ada anggota keluarga yang terinfeksi atau berisiko tertular virus corona Covid-19.

 

BACA SELANJUTNYA

Hati-hati, 7 Perubahan ini Pada Kuku Bisa Jadi Gejala Virus Corona Covid-19