Jum'at, 29 Maret 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Selasa, 01 Desember 2020 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Kepercayaan diri yang rendah tidak hanya memengaruhi penampilan dan kesehatan seseorang, tetapi juga masalah seksual seperti disfungsi ereksi.

Karena, kepercayaan diri adalah cara seseorang menghargai dan memandang dirinya sendiri. Sehingga kepercayaan diri yang rendah bisa memengaruhi banyak kehidupan seseorang.

Tapi, kepercayaan diri yang rendah ini tidak dianggap sebagai masalah kesehatan mental meskipun menyebabkan depresi atau kecemasan.

Padahal kedua kondisi itu bisa berdampak negatif pada libido seseorang. Jadi, meningkatkan kepercayaan diri adalah titik awal yang baik untuk mendapatkan semangat seumur hidup.

Berikut ini dilansir dari Express, cara meningkatkan kepercayaan diri untuk menjaga gairah seksual seseorang.

Ilustrasi berhubungan seks, bercinta, masalah seksual (Unsplash/We-Vibe WOW Tech)

1. Jaga dirimu

Secara konsisten, tidur yang cukup bisa berdampak besar pada perasaan Anda. Makan secara teratur dan menjaga kadar gula darah tetap stabil juga berdampak pada suasana hati serta tingkat energi Anda.

Jadikan aktivitas fisik sebagai prioritas dalam hidup dan hindari kebiasaan minum alkohol, karena dampaknya jangka panjang lebih buruk.

2. Tetapkan tujuan

Anda harus memiliki tujuan dalam hidup, seperti menantang diri sendiri dengan fokus melakukan hal yang disukai. Cara ini bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri secara bertahap.

3. Rasa syukur

Bersyukurlah atas semua yang Anda miliki dan capai, tanpa peduli secerapa kecil kelihatannya. Tak ada salahnya untuk memuji diri sendiri dan bangga atas proses yang Anda lalui.

NHS juga merekomendasikan untuk berbicara dengan dokter umum jika terus kehilangan libido. Karena, hal ini juga bisa terkait dengan masalah medis yang terkait dengan hormon.

Gairah seksual yang rendah bisa berkaitan dengan penyakit jantung, diabetes dan tiroid kurang aktif. Obat-obatan tertentu juga bisa mengurangi libido seseorang, seperti antidepresan, antipsikotik, obat menurunkan tekanan darah tinggi, kejang dan pembesaran prostat.

Jika Anda sedang menjalani pengobaan apapun, libido yang menurun mungkin menjadi salah satu efek sampingnya. Selain itu, penyalahgunaan narkoba dan alkohol juga bisa mengurangi gairah seks seseorang.

BACA SELANJUTNYA

Membangun Kepercayaan Diri Anak, Orangtua Bisa Lakukan Ini