Kamis, 25 April 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Senin, 30 November 2020 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Awal pandemi virus corona Covid-19, banyak orang yang memilih menahan diri untuk berpergian keluar karena takut tertular atau menginfeksi orang lain.

Pemerintah pun sempat meminta semua orang untuk mengisolasi mandiri di rumah untuk melindungi diri sendiri maupun orang lain dari penularan virus corona Covid-19. Bahkan banyak area publik yang terpaksa ditutup sementara.

Tapi sekarang, perlahan kehidupan kembali berjalan normal setelah sejumlah restoran, mall dan area publik lainnya kembai diizinkan beroperasi. Sedangkan, pandemi virus corona masih belum berakhir.

Saat ini banyak orang yang mulai berani makan di restoran maupun sekadar jalan-jalan di mall. Namun dilansir dari Times of India, manakah aktivitas yang paling berisiko di tengah pandemi virus corona Covid-19 sekarang ini?

Jika kedua aktivitas dilakukan dengan hati-hati dan melakukan tindakan pencegahan yang tepat. Maka, makan di restoran selama masa pandemi relatif aman.

Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)

Ada beberapa instruksi yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang harus dipatuhi selama pandemi virus corona, yakni menjaga jarak fisik sejauh 6 kaki, memakai masker, mencuci tangan dan tutupi batuk atau bersin dengan benar.

Jika Anda bisa melakukan semua protokol itu dengan baik, maka risiko terkena virus corona Covid-19 bisa lebih rendah.

Karena, tingkat keamanan Anda mengunjungi suau tempat di masa pandemi tergantung pada waktunya, lingkungan sekitar dan keramaiannya.

Saat memiliki restoran, cobalah mencari tempat yang penataan tempat duduknya di luar ruangan. Karena, risiko infeksi virus corona Covid-19 akan jauh lebih kecil di ruang terbuka.

Pastikan jarak antar meja dan kursi lain tidak berdekatan atau setidaknya berjarak 6 kaki. Jangan lupa perhatikan pula tingkat kebersihan restoran tersebut, sudah mengikuti pedoman kesehatan yang benar atau belum.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan orang-orang yang berkunjung maupun melayani di restoran itu sudah patuh memakai masker atau belum.

Sejauh ini, makan di restoran yang tertutup atau dalam ruangan dianggap lebih berisiko menyebarkan virus corona Covid-19.

Sementara itu, pergi berbelanja atau sekadar jalan-jalan di mall pada akhir pekan atau jam ramai tentu akan lebih berisiko tertular virus corona.

Apalagi tempat yang Anda kunjungi tertutup, memiliki ventilasi buruk dan sulit untuk berjaga jarak dengan orang lainnya yang bisa meningkatkan risiko infeksi virus corona.

Lebih baik Anda mengunjungi toko atau mall untuk berbelanja pada waktu sibuk atau jam kerja. Sehingga Anda terhindar dari kerumunan dan bisa berjaga jarak dengan pengunjung lainnya.

Meski begitu, pastikan Anda selalu memakai masker selama berjalan-jalan dan membawa hand sanitizer untuk membersihkan tangan setiap kali menyentuh benda di tempat umum.

BACA SELANJUTNYA

Kecuali Amerika dan Afrika, WHO Sebut Kasus Virus Corona Covid-19 Menurun Secara Global!