Sabtu, 20 April 2024
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Minggu, 29 November 2020 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Konsumsi makanan kaya antioksidan bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan, meningkatkan kekebalan, dan menjauhkan dari penyakit. Hal ini disebabkan karena makanan kaya antioksidan melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh proses oksidasi.

Sebuah studi oleh Harvard TH Chan School of Public Health menunjukkan bahwa orang dengan asupan lebih tinggi buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan yang kaya antioksidan dikaitkan stres oksidatif kronis terkait stres, penyakit seperti penyakit kardiovaskular dan kanker yang lebih rendah.

Melansir dari Healthshots, berikut beberapa makanan kaya antioksidan yang baik untuk kesehatan, antara lain:

1. Blueberry

Blueberry rendah kalori dan dikemas dengan nutrisi serta antioksidan. Blueberry mengandung hingga 9,2 milimol per liter (mmol) antioksidan per 100 gram.

Menurut penelitian dari National Library of Medicine, antioksidan dalam blueberry yang disebut anthocyanin dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol LDL jahat, dan tekanan darah.

2. Kacang-kacangan

Kacang kaya akan serat dan antioksidan (2 mmol per 100 gram).

Menurut penelitian dari Science Direct, kaempfero yang merupakan antioksidan yang ditemukan dalam kacang-kacangan telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan seperti mengurangi peradangan kronis dan menekan pertumbuhan kanker.

3. Bit

Bit mengandung berbagai macam vitamin esensial, serat, antioksidan (1,7 mmol per 100 gram), dan mineral. Bit sendiri dapat membantu meningkatkan kesehatan sel, metabolisme, pertumbuhan tulang, dan sistem kekebalan tubuh.

Betalains, antioksidan yang ditemukan dalam bit dapat menurunkan risiko kanker di usus besar dan saluran pencernaan, serta menekan peradangan.

Bayam. (Shutterstock)

4. Bayam

Bayam sangat rendah kalori dan sarat dengan vitamin, mineral dan antioksidan (0,9 mmol per 100 gram).

Bayam kaya akan lutein dan zeaxanthin yang merupakan antioksidan ini membantu melindungi mata dari sinar UV yang berbahaya.

5. Cokelat Hitam

Cokelat hitam sarat dengan antioksidan dan membantu menurunkan peradangan dalam tubuh, kadar kolesterol jahat, serta tekanan darah. Camilan bergizi dan lezat ini juga membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

BACA SELANJUTNYA

3 Manfaat Astaxanthin yang Kaya Antioksidan, Nggak Cuma Bagus untuk Kulit