Jum'at, 19 April 2024
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Kamis, 26 November 2020 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Orang vegan biasanya memiliki kolesterol lebih rendah, tekanan darah rendah, dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan karena pola makan vegan menekankan pada konsumsi sayur maupun biji-bijian dan menghindari daging merah serta produk hewani. 

Melansir dari News Medical, berikut beberapa alasan mengapa pola makan vegan baik untuk kesehatan, antara lain:

1. Metabolisme

Pola makan vegan biasanya tinggi serat, magnesium, asam folat, fitokimia, serta vitamin C dan E. Di sisi lain, mereka cenderung lebih rendah kalori, lemak jenuh, kolesterol, asam lemak omega 3, kalsium, zinc, dan vitamin B-12 serta D.

Studi dalam jangka pendek dan sedang telah menemukan bahwa pola makan vegan dapat meningkatkan metabolisme energi pada individu penderita diabetes yang sehat, obesitas, dan tipe 2.

2. Kesehatan Kardiovaskular

Pola makan tinggi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, minyak sayur, dan biji-bijian sering dikaitkan dengan tingkat perkembangan penyakit kardiovaskular yang lebih rendah. Jenis pola makan ini secara tradisional mencakup pola makan Mediterania dan Asia.

3. Efek Prevalensi Kanker

Banyak bukti yang menunjukkan bahwa orang vegan memiliki risiko lebih rendah terkena berbagai kanker, baik karena asupan nutrisi secara langsung maupun karena efek sekunder.

Buah-buahan dan sayur-sayuran telah digambarkan dapat menurunkan risiko kanker paru-paru, mulut, kerongkongan, dan perut. Selain itu, senyawa fitokimia dalam sayuran memiliki kualitas antioksidan dan mengganggu sel untuk menghentikan perkembangan kanker.

4. Manfaat Kognitif

Studi menemukan perbaikan ringan atau sedang ketika pasien yang menderita migrain, multiple sclerosis, fibromyalgia, dan rheumatoid arthritis mengonsumsi makanan vegan.

Studi yang mengamati nutrisi tertentu menunjukkan beberapa tanda bahwa pola makan vegan dapat bermanfaat untuk kognisi dan kesehatan mental. Asupan fitokimia yang tampaknya lebih tinggi pada vegan dikaitkan dengan efek menguntungkan pada kesehatan mental.

BACA SELANJUTNYA

Bawa Bekal ke Pesta Pernikahan, Wanita Vegan Ini Dinilai Berlebihan