Selasa, 24 November 2020
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Kamis, 19 November 2020 | 09:00 WIB

Himedik.com - Tak semua makanan ringan tidak menyehatkan, salah satunya kacang tanah. Jenis kacang yang satu ini nyatanya punya segudang manfaat untuk kesehatan Anda. 

Melansir dari Healthshots, kacang tanah memiliki kandungan protein yang lebih banyak dari kacang lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak beberapa manfaat kacang tanah.

1. Melindungi dari Kanker Payudara

Menjaga kesehatan dan pola makan menjadi hal penting dalam menekan risiko kanker payudara. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Gynecologic and Obstetric Investigation menemukan bahwa konsumsi kacang tanah mengurangi risiko kanker payudara hingga 2 sampai 3 kali lipat.

2. Menyehatkan Jantung

Segenggam kacang tanah dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Sebuah studi yang dipublikasikan pada Journal of American College of Nutrition menyimpulkan bahwa konsumsi kacang tanah dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

3. Kontrol Kadar Gula Darah

Kandungan magnesium dalam kacang tanah meningkatkan respons insulin yang membantu mengontrol kadar gula darah.

4. Baik untuk Mata

Kandungan zinc dalam kacang tanah dapat membantu tubuh memproduksi vitamin A. Sudah banyak diketahui bahwa vitamin A bisa menjaga kesehatan mata.

5. Menyehatkan Kulit

Kacang tanah kaya vitamin B3 dan niacin yang membantu menghilangkan kerut wajah dan mencegah berbagai jenis penyakit kulit. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Dermatologic Surgery juga menemukan bahwa niacin dalam kacang tanah membantu mengurangi garis-garis halus, kerutan, dan bintik-bintik hiperpigmentasi.

6. Jaga Kesehatan Tulang

Kandungan mangan dan fosfor dalam kacang tanah membantu menjaga dan membangun tulang yang kuat. Hal ini dinyatakan dalam jurnal Critical Reviews in Food Science and Nutrition.

BACA SELANJUTNYA

Tetap Aman Naik Transportasi Umum, Terapkan Protokol Kesehatan Ini!