Kamis, 28 Maret 2024
Yasinta Rahmawati : Selasa, 10 November 2020 | 13:12 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com -  Vaksin dari Pfizer Inc. mnunjukan hasil yang sangat positif bahkan diklaim memiliki efektifitas mencapai 90 persen berdasarkan uji coba tahap akhir. Pejabat senior Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Bruce Aylward mengatakan bahwa vaksin Covid-19 bisa diluncurkan pada Maret 2021 nanti dan 'mengubah arah' pandemi saat ini. 

"Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, ini hanya hasil sementara. Tetapi beberapa hasil yang sangat positif datang hari ini yang semoga menjadi harapan besar bagi seluruh dunia saat kita bergerak maju," kata Aylward kepada 194 negara anggota dalam forum sidang WHO.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus juga menyambut baik kabar vaksin tersebut. 

"Kita mungkin bosan dengan Covid-19. Tapi Covid tidak bosan menginfeksi kita," kata Tedros yang berbicara dari karantina setelah melakukan kontak dengan seseorang yang dites positif Covid-19 dikutip dari Channel News Asia.

Berbicara kepada majelis tahunan utama WHO, Tedros juga memuji terpilihnya Joe Biden sebagai presiden Amerika Serikat.

Menurutnya, dengan terpilihnya Biden menyuarakan harapan dapat menandakan kerja sama global yang lebih erat untuk mengakhiri pandemi yang telah menginfeksi lebih dari 51,2 juta orang di dunia. 

Apalagi Amerika Serikat merupakan negara dengan kasus Covid-19 terbanyak. Dikutip dari situs worldometers.info, kasus infeksi virus corona di sana telah mencapai 10,4 juta kasus dengan penambahan kasus baru di atas 100 ribu per hari. 

Angka kematian juga paling banyak terjadi di Amerika Serikat dengan jumlah 612 jiwa, menyumbang hampir 10 persen angka kematian global sebanyak 6.736 jiwa. 

Hingga saat ini total kematian akibat Covid-19 telah mencapai 1,26 juta jiwa sejak awal virus corona mewabah.

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Akhirnya Menemukan Sumber Pertama Pandemi Covid-19, Benar di Wuhan?