Jum'at, 19 April 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Kamis, 05 November 2020 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Selama pandemi virus corona Covid-19, semua orang telah diwajibkan memakai masker ketika keluar rumah. Langkah inid ipercaya bisa mengurangi risiko penularan virus corona.

Pemakaian masker bisa melindungi diri sendiri dengan mencegah masuknya droplet yang keluar ketika kita batuk, bersin atau berbicara. Sehingga orang di sekitar tidak tertular atau terkontaminasi cairan pernapasan kita yang mengandung virus.

Selain itu, pemakaian masker juga membantu menahan droplet yang keluar ketika batuk, bersin atau berbicara sehingga tidak menularkan virus itu kepada orang lain.

Karena itulah, semua orang harus menggunakan masker ketika keluar rumah, baik orang yang sedang sakit maupun sehat.

Adapun tiga jenis masker dengan fungsinya masing-masing yang bisa digunakan untuk melindungi diri dari Covid-19, antara lain:

Jenis-jenis masker. (Satgas Covid-19)

1. Masker kain

Masyarakat bisa menggunakan masker kain di tempat umum dan berinteraksi dengan orang lain sehari-hari. Masker ini terbuat dari kain, minimal 3 lapis. Tapi, Anda harus segera menggantinya bila sudah basah atau lembap.

2. Masker bedah

Masker bedah digunakan untuk orang yang sakit dan tenaga medis yang menangani pasien virus corona Covid-19. Karena, mereka memiliki risiko tertular dan menularkan virus paling tinggi.

3. Masker N95

Masker N95 bisa digunakan untuk tenaga medis yang menangani pasien virus corona Covid-19 berisiko tinggi.

Selain ketiga jenis masker tersebut, Anda juga bisa menggunakan masker kain SNI yang bukan berbahan scuba dan buff.

Masker kain SNI adalah masker yang sudah lolos syarat mutu, terbuat dari kain tenun, memiliki 2 lapisan dan bisa dicuci beberapa kali.

 

BACA SELANJUTNYA

Kasus Pertama, Pria Ini Terinfeksi Covid-19, Cacar Monyet dan HIV Bersamaan!