Jum'at, 19 April 2024
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Selasa, 20 Oktober 2020 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Bisa ditemukan di mana saja, terong nyatanya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan mulai dari bantu turunkan berat badan hingga meningkatlan kesehatan jantung.

Melansir dari Healthshots, berikut beberapa manfaat terong untuk kesehatan, antara lain:

1. Tinggi Antioksidan

Terong mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi. Antioksidan sendiri dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan bisa menjaga tubuh dari penyakit kronis seperti penyakit jantung hingga kanker.

Terong juga mengandung pigmen yang disebut antosianin yang baik untuk meningkatkan kesehatan Anda.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam terong bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Dalam penelitian yang dilakukan pada kelinci dengan kolesterol tinggi yang diberi 10 ml jus terong setiap hari selama dua minggu menunjukkan bahwa kelinci memiliki kadar kolesterol LDL dan trigliserida yang lebih rendah.

Dengan begitu maka terong bisa menjaga kesehatan jantung.

3. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi terong secara teratur dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Manfaat ini disebabkan karena sebagian besar terong memiliki kandungan serat yang tinggi dan sangat baik untuk kesehatan usus. Semakin banyak serat yang dikonsumsi, maka gula darah akan semakin terkontrol.

Serat sendiri mampu memperlambat laju pencernaan dan penyerapan gula dalam tubuh. Hal ini membuat kadar gula darah tidak mudah naik atau menurun tiba-tiba.

Terung juga mengandung polifenol atau senyawa tumbuhan alami yang diketahui dapat mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan sekresi insulin.

Ilustrasi terong

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Terong mengandung serat yang tinggi dan memiliki kalori yang rendah. Dengan kandungan seratnya yang tinggi, terong bisa membuat Anda lebih kenyang.

BACA SELANJUTNYA

Lindungi Tubuh dari Virus Corona Covid-19, Cobalah Konsumsi 5 Makanan ini!