Jum'at, 30 Oktober 2020
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Sabtu, 17 Oktober 2020 | 19:00 WIB

Himedik.com - Long Covid-19 atau Covid-19 panjang adalah kondisi yang banyak dialami pasien sembuh dari virus corona Covid-19, tapi masih mengalami gejala atau efek sampingnya.

Kebanyakan pasien yang mengalami Long Covid-19 mengaku merasakan sesak napas, kelelahan kronis dan kabut otak selama berbulan-bulan.

Menurut data dari aplikasi Covid Symptom Studi, para peneliti King's College London telah menganalisis 60 ribu orang di Inggris yang mengalami gejala virus corona jangka panjang.

Sebelumnya, para ahli dari National Institute for Health Research memperingatkan bahwa Covid-19 bukanlah satu kondisi tunggal, tetapi bisa jadi 4 sindrom berbeda yang terjadi bersamaan.

Sekelompok dokter yang terkena Covid-19 pun menyerukan rencana tindakan untuk mengatasi efek kesehatan jangka panjang dari virus corona tersebut.

Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)

Sebuah pernyataan yang disetujui oleh 39 dokter mengatakan bahwa gejala jangka panjang virus corona hanya berdampak besar pada sebagian kecil orang.

Claire Hastie, pendiri Grup Sindrom Pasca Covid-19 dilansir dari The Sun, mengatakan ada 172 gejala Covid-19 panjang yang bisa dialami seseorang. Beberapa di antaranya termasuk:

1. Sistem saraf: kejang hebat, gemetar, jari berkedut, sensasi aneh di malam hari, kabut otak, mudah lupa, mati rasa dan kebingungan.

2. Dermatologis: kulit bersisik, gatal, memar, tanda merah di bawah kulit, kulit kering, penuaan kulit dan benjolan aneh di kulit.

3. Kardiovaskular: jantung berdebar, nyeri jantung, dan palpitasi jantung.

4. Perubahan sensorik: hilang penciuman, perasa dan selera makan, bayangan di sudut mata, tinnitus, telinga berdengung, dan haus berlebihan.

5. Masalah wanita: gangguan siklus haid dan amenore.

6. Perubahan fisiologis: nyeri otot, nyeri punggung bawah, sakit bahu, sakit leher, kelenjar bengkak, rambut rontok dan kram parah.

7. Kesehatan mental: depresi, kecemasan, isolasi, kesendirian, demoralisasi, perasaan sedih dan frustasi.

Seseorang dengan Long Covid-19 juga bisa mengalami gejala berupa inkontinensia urine dan feses di malam maupun siang hari, serta kerontokan rambut.

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Oxford Siap Sediakan Vaksin Virus Corona pada Natal 2020