Jum'at, 30 Oktober 2020
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Jum'at, 16 Oktober 2020 | 16:00 WIB

Himedik.com - Sering kali disebut generasi kurang sehat dan kelelahan, sebuah studi baru juga menyimpulkan bahwa milenial mengalami kesehatan yang lebih buruk daripada Gen X atau generasi sebelum mereka. Tak hanya itu, bahkan mereka mengalami penurunan kesehatan dini, yakni setelah umur 27 tahun.

Melansir dari Healthline, peneliti dari Blue Cross Blue Shield Association menganalisis data dari klaim asuransi kesehatan untuk 55 juta milenial di Amerika yang berusia 21 hingga 36 tahun pada 2017.

Secara umum tinkat kesehatan milenial mencapai angka 95 dari 100. Nemun ketika umur mereka mencapai 27 tahun, kondisi kesehatan akan menurun.

Pada penelitian ini, kesehatan seperti depresi, diabetes, tekanan darah tinggi, dan penggunaan zat menjadi bahan pertimbangan.

“Kami melihat tingkat depresi yang lebih tinggi pada generasi ini, saya juga merasa terkejut melihat peningkatan kondisi fisik, seperti hipertensi hingga kondisi jantung pada kelompok usia ini,” kata Dr. Vincent Nelson, wakil presiden urusan medis untuk Asosiasi Perisai Biru Palang Biru, mengatakan kepada Healthline.

“Hipertensi dan diabetes mengikuti epidemi obesitas yang semakin parah. Jadi, tentu ada beberapa hal di sini yang pasti berkorelasi kesehatan secara keseluruhan, termasuk depresi, ”tambahnya.

Aaron J. Friedberg, asisten profesor penyakit dalam di Pusat Medis Wexner Universitas Negeri Ohio menyatakan bahwa generasi milenal akan dihadapkan dengan peningkatan penyakit.

"Saya pikir laporan ini mencerminkan kenyataan yang semakin mendekat bahwa karena meningkatnya penyakit, generasi mendatang bisa menjadi kurang sehat dibandingkan dengan yang sebelumnya," kata Friedberg kepada Healthline.

ilustrasi milenial (vectorstock)

Laporan penelitian tersebut menyatakan bahwa sebagian dari masalah kesehatan disebabkan kurangnya pencegahan dan perawatan. Hanya 68 persen dari generasi millenial yang diteliti memiliki melakukan perawat kesehatan dibanding Generasi X yang mencapai 90 persen

“Misalnya, banyak milenial mungkin tidak selalu berpikir bahwa mereka perlu memeriksakan tekanan darah mereka, tetapi hal itu dapat membuat perbedaan dalam kesehatan dan perilaku mereka,” kata Nelson.

Oleh karena itu, Benjamin merekomendasikan generasi milenial untuk menjalani pemeriksaan hipertensi, diabetes, kadar kolesterol dan melakukan perawatan mental.

BACA SELANJUTNYA

Cegah Berbagai Penyakit Kronis, Simak 6 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan