Jum'at, 30 Oktober 2020
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Jum'at, 16 Oktober 2020 | 09:00 WIB

Himedik.com - Peneliti Israel menemukan bahwa turunan dari obat penyakit Gaucher diyakini efektif melawan virus corona Covid-19.

Penyakit Gaucher disebabkan oleh kekurangan enzim yang memecah lipid dalam sel, yang menyebabkan gangguan fungsi tubuh, pembesaran anggota tubuh dan nyeri tulang.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Institut Riset Biologi Israel (IIBR) dan dipublikasikan di platform pracetak bioRxiv, para peneliti memeriksa obat yang ada, Cerdelga dan obat lain yang sedang dalam tahap persetujuan.

Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)

Menurut kementerian pertahanan Israel dilansir dari Global Times, turunan dari kedua obat tersebut bisa mengurangi kapasitas replikasi virus corona Covid-19 secara signifikan.

Karena, replikasi menyebabkan kerusakan dan kematian sel manusia dan terinfeksi virus corona Covid-19. Penurunan kapasitas replikasi inilah yang mencegah kerusakan sel setelah infeksi.

Percobaan telah dilakukan dalam kultur sel dan sekarang sedang diuji coba kemanjurannya pada hewan yang terinfeksi virus.

Sebelumnya, kedua obat tersebut ditemukan efektif pada hewan untuk melawan strain virus lain seperti influenza dan virus West Nile. Hal itu pun menunjukkan bahwa obat tersebut juga mungkin efektif melawan wabah virus baru di masa mendatang.

IIBR sendiri merupakan sebuah lembaga pemerintah Israel yang didirikan pada tahun 1952. Mereka menangani penelitian terapan di bidang biologi, mikrobiologi, kimia medis, ilmu alam, dan ilmu lingkungan.

BACA SELANJUTNYA

Perubahan Rasa Makanan Bisa Jadi Tanda Infeksi Virus Corona, Ini Sebabnya!