Jum'at, 30 Oktober 2020
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Sabtu, 17 Oktober 2020 | 07:00 WIB

Himedik.com - Stres sering kali menjadi masalah kesehatan mental paling umum dan tak terhindarkan apalagi di masa pandemi. Sayangnya stres sendiri bisa berefek pada kesehatan fisik seperti tekanan darah tinggi, rambut rontok, masalah berat badan, dan lain sebagainya.

Untungnya olahraga-olahraga ringan tertentu bisa mengatasi stres ringan. Melansir dari Times of India, berikut beberapa olahraga yang bisa mengendalikan stres, antara lain:

1. Peregangan

Kebanyakan orang menganggap peregangan sebagai bagian dari rutinitas yang dilakukan sebelum atau setelah berolahraga inti. Padahal peregangan memiliki manfaat penting lain, termasuk meredakan stres.

Peregangan pada dasarnya membantu melepaskan ketegangan dari tubuh. Hal ini yang mengurangi kekakuan yang disebabkan oleh duduk sepanjang hari di depan laptop. Dengan begitu, peregangan memberikan kelegaan dari ketegangan dan rasa sakit, termasuk ketegangan pikiran.

2. Yoga

Yoga adalah bentuk aktivitas fisik yang terkenal dapat membantu meredakan stres. Latihan ini membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan ketenangan mental.

Secara keseluruhan, yoga juga dapat membantu meningkatkan suasana hati.

Ilustrasi yoga. (Shutterstock)

3. Lari

Berlari menjadi satu dari beberapa latihan fisik yang juga terbukti cukup efektif dalam meredakan stres. Bahkan berlari di luar ruangan dapat menenangkan pikiran dengan merelaksasikan zat kimia di otak. Jadi berlari bisa menjadi salah satu alternatif lahraga untuk meredakan stres.

Selain berolahraga, pola makan sehat dan istirahat juga bisa membantu meredakan stres. Untuk itu, tidurlah tepat waktu, lebih banyak bergerak atau berolahraga, dan jangan lupa untuk makan makanan sehat saat stres melanda. 

BACA SELANJUTNYA

Ingin Umur Lebih Panjang? Ubah Gaya Hidup Menjadi Lebih Sehat!