Jum'at, 29 Maret 2024
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Rabu, 07 Oktober 2020 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Konsumsi makanan nabati seperti buah dan sayur disebut mampu menghindari berbagai masalah jantung

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Journal of the American Heart Association menemukan bahwa orang yang mengikuti pola makan nabati memiliki kemungkinan 19 persen lebih kecil untuk meninggal karena penyakit jantung.

Melansir dari Everyday Health, berikut adalah 5 jenis buah dan sayur yang bisa meningkatkan kesehatan jantung, antara lain:

1. Brokoli

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu cangkir brokoli mengandung 10 persen keburuhan harian serat makanan dan 3 gram protein Anda. Makan makanan tinggi serat membuat Anda kenyang lebih lama yang dapat membantu mencegah obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

2. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung beta-karoten, sehingga memiliki manfaat antiinflamasi yang menyehatkan jantung. Umbi-umbian ini juga mengandung kalium yang memenuhi 10 persen kebutuhan harian Anda. 

Ubi jalar. (pixabay/sdnet01)

Ubi jalar juga mengdandung sporamin, antioksidan kuat yang terdapat padasayuran.

"Ubi jalar dikemas dengan serat, memberi Anda hampir 4 gram serat  atau 16 persen kebutuhan harian Anda," kata Michael S. Fenster, MD, seorang ahli jantung dan koki profesional di Tampa, Florida.

"Ubi jalar memiliki indeks glikemik rendah sehingga tidak meningkatkan gula darah bahkan pada penderita diabetes," imbuhnya.

3. Buah Delima

Beberapa penelitian menunjukkan buah delima bisa menyehatkan jantung karena kandungan mikronutrien yang disebut asam ellagic.

"Senyawa tersebut dapat membantu memblokir penumpukan kolesterol di arteri," kata Dr. Mary Finckenor, RD, dari Sistem Kesehatan Atlantik di Morristown, New Jersey.

Delima utuh juga merupakan sumber potasium baik yang berguna untuk mengontrol tekanan darah tinggi.

Ilustrasi kembang kol. (sumber: Shutterstock)

4. Kembang Kol 

Menurut Badan Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), sekitar seperenam kepala kembang kol berukuran sedang mengandung 100 persen kebutuhan harian vitamin C Anda.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari sayuran ini, maka coba konsumsi dengan cara memanggang atau menjadikannya sup. 

5. Apel

Menurut Mayo Clinic, apel mengandung senyawa penyehat jantung seperti pektin yakni sejenis serat dan quercetin semacam antioksidan di kulit buah. Apel juga telah terbukti mengontrol gula darah dan meningkatkan profil lipid darah.

Apel juga tinggi serat larut penurun kolesterol. "Makan apel secara rutin bisa menjauhkan Anda dari masalah jantung," kata Fenster.

BACA SELANJUTNYA

Rima Melati Alami Gagal Jantung Sebelum Meninggal, Kenali Penyebab dan Gejalanya!