Sabtu, 20 April 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Kamis, 01 Oktober 2020 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Semua orang telah disarankan selalu mencuci tangan, pakai masker dan menjaga jarak sosial sebisa mungkin untuk mencegah penularan virus corona Covid-19. Sebab, penyebaran virus corona bisa terjadi di mana pun, termasuk toilet umum.

Sayangnya, banyak orang mungkin masih membahayakan dirinya sendiri tanpa disadari, terutama ketika mereka pergi ke toilet umum untuk buang air kecil atau buang air besar.

Penelitian dari Initial Washroom Hygiene telah mengungkapkan bahwa hanya kurang dari setengah atau 49 persen orang Inggris selalu memakai masker ketika mengunjungi toilet umum.

Padahal kasus virus corona Covid-19 masih terus bertambah. Mayoritas orang Inggris atau 51 persen sudah berpikir mereka berpotensi tertular virus corona Covid-19 setelah memakai toilet umum.

Bahkan dua pertiga atau 66 persen orang mengaku ingin fasilitas tempat sampah yang lebih banyak lagi di toilet umum. Sehingga mereka bisa membuang barang sekali pakai dengan benar, seperti sarung tangan, masker dan tisu.

Ilustrasi masker (Unsplash)

Tapi, banyak orang justru tidak memakai maskernya ketika menggunakan toilet umum. Padahal Manajer Teknis & Inovasi Jamie Woodhall Inggris, Initial Washroom Hygiene, mengatakan ada banyak titik sentuh yang bisa menjadi tempat pertumbuhan virus di toilet umum.

"Apalagi toilet umum termasuk tempat yang sulit untuk orang-orang menerapkan jarak sosial. Sehingga pemerintah menyarankan semua orang tetap memakai masker selama menggunakan toilet umum," jelasnya dikutip dari Express.

Menurutnya, penggunaan masker saat menggunakan toilet umum sama pentingnya dengan melindungi suatu kelompok maupun diri sendiri dari penyebaran virus corona Covid-19.

Karena, masker bisa membantu mengurangi risiko tetesan pernapasan yang mengontaminasi permukaan dan titik sentuh umum lainnya. Sehingga langkah ini bisa menurunkan risiko penyebaran virus corona dari permukaan yang terinfeksi.

"Kami sendiri merekomendasikan semua orang mengikuti rekomendasi pemerintah untuk memakai masker di toilet dengan kondisi sulit menerapkan jarak sosial, cuci tangan teratur dan mengeringkan tangan dengan efektif," jelas Woodhall.

Sementara itu, NHS telah merekomendasikan beberapa tips penting lainnya untuk mencegah penularan virus corona Covid-19.

1. Jaga jarak sejauh 2 meter atau 3 langkah dari orang lain
2. Sering mencuci tangan pakai air dan sabun selama 20 detik
3. Buang tisu bekas segera dan cuci tangan sesudahnya
4. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut pakai tangan yang tidak bersih
5. Kenakan masker ketika naik angkutan umum. toko dan saat pergi ke rumah sakit

Jika Anda khawatir telah terinfeksi virus corona Covid-19, Anda bisa konsultasi dengan dokter mengenai gejala yang dialami.

BACA SELANJUTNYA

Kasus Pertama, Pria Ini Terinfeksi Covid-19, Cacar Monyet dan HIV Bersamaan!