Rabu, 24 April 2024
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Kamis, 24 September 2020 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Rasa kesepian bukan hanya berefek dan ditandai dengan gejala mental, namun juga fisik.  Sayangnya orang kesepian sering kali tidak mau membicarakannya dengan orang lain karena stigma tertentu. Hal ini yang kemudian akan lebih memperparah gejalanya. 

"Orang-orang takut mengaku kesepian karena stigma, hal ini pada gilirannya mencegah mereka mengatasi kesepian atau meminta bantuan orang untuk mengatasinya," kata Babita Spinelli, seorang terapis yang berbasis di New York pada Insider. 

Melansir dari Insider, berikut adalah beberapa gejala fisik saat seseorang merasa kesepian, antara lain:

1. Hidung meler, tersumbat, dan gejala pilek

Jika Anda masuk angin, kesepian bisa saja jadi penyebabnya. "Saat kita merasa sendirian atau kekurangan kemampuan untuk berinteraksi dengan orang secara akrab dan nyaman, kita akan merasa rentan dan terancam," kata Kory Floyd, profesor komunikasi di Universitas Arizona yang mempelajari pengaruh kasih sayang pada stres dan fungsi fisiologis.

"Hal ini membuat seseorang terlalu waspada sehingga menekan sistem kekebalan tubuh dan bisa membuat kita mudah terserang penyakit," tambahnya.

2. Sakit yang Tak Kunjung Sembuh

Menurut Spinelli, seseorang yang mengalami kesepian bisa mudah sakit atau tak kunjung sembuh dari sakit. 

"Seseorang mungkin mengalami perasaan sakit atau terus-menerus merasa mengalami stres, namun kebanyakan mereka tidak mendefinisikan sebagai sakit yang sebabkan secara emosional," kaya Spinell.

3. Kesulitan tidur

Seperti halnya depresi, orang dengan kesepian dapat mengalami kesulitan tidur atau terlalu banyak tidur. 

Ilustrasi susah tidur, insomnia. (Shutterstock)

4. Sakit kepala

Menurut Spinelli, sakit kepala secara khusus juga bisa menjadi gejala depresi dan kesepian. 

5. Penambahan berat badan

Kesepian dapat memicu respons stres terus-menerus yang melemahkan sistem kekebalan tubuh. Menurut Spinelli, gangguan hormon akibat stres atau kesepian juga dapat menyebabkan penambahan berat badan.

BACA SELANJUTNYA

Sering Sakit Kepala Saat Bekerja dari Rumah, Ternyata Ini Penyebabnya!