Jum'at, 29 Maret 2024
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Rabu, 23 September 2020 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Kekebalan tubuh selama pandemi memang penting, mamun nyatanya banyak orang yang cukup salah kaprah dengan fakta tentang sistem kekebalan itu sendiri. 

"Tidak ada obat khusus atau pun vitamin tunggal yang telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan seseorang," kata Dr. Robert Mordkin MD, kepala petugas medis untuk perusahaan pengujian LetsGetChecked pada Bustle. 

Melansir dari Bustle, berikut adalah beberapa nutrisi yang sebelumnya disebut meningkatkan kekebalan tubuh, begini faktanya:

1. Vitamin C 

Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Nutrients pada tahun 2017 mencatat bahwa vitamin C membantu membunuh mikroba hingga membersihkan sel kekebalan yang telah terpakai. Namun, mengonsumsi vitamin C dosis tinggi tidak memiliki keuntungan signifikan saat terkena flu.

Menurut para peneliti, mengonsumsi vitamin C secara teratur dengan dosis normal lebih bermanfaat daripada mengonsumsi banyak dalam sekali waktu. 

2. Mulitivitamin

Multivitamin atau kandungan berbagai vitamin memang bermanfaat. Tapi Harvard Health menyatakan bahwa multivitamin tidak memberikan perbedaan signifikan pada kekebalan tubuh, kecuali jika Anda mengalami kekurangan gizi. 

Vitamin dan Mineral yang Meningkatkan Imunitas Tubuh. (Shutterstock)

3. Minum Teh

Satu studi yang diterbitkan pada tahun 2011 di Immunology Letters menemukan bahwa polifenol yang ditemukan dalam teh hijau dapat membantu sel-T pada tikus, tetapi tidak jelas apakah hasil ini juga berlaku pada manusia. 

“Tidak perlu membeli minuman mahal yang berlabel penambah kekebalan, air biasa lebih baik" kata Christina Belitsky M.S. RPA-C kepada Bustle.

BACA SELANJUTNYA

5 Efek Samping Perawatan Suntik Putih, Cita Citata Ngaku Jadi Idap Autoimun