Jum'at, 19 April 2024
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Senin, 07 September 2020 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Menurunkan berat badan memang susah susah gampang, tapi beberapa aktivitas pagi hari bisa membantu Anda.

Melansir dari Healthline, berikut adalah beberapa kebiasaan pagi hari yang bisa membantu menurunkan berat badan, antara lain:

1. Sarapan Berprotein

Menu sarapan berpengaruh pada porsi makan siang Anda. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk makan makanan berprotein untuk sarapan.

Sarapan dengan makanan berprotein tinggi dapat membantu mengurangi rasa lapar dan membantu menurunkan berat badan.

Dalam sebuah penelitian pada 20 remaja perempuan, sarapan makanan berprotein tinggi mengurangi rasa ingin makan atau ngemil berlebihan setelahnya.

Studi kecil lainnya menunjukkan bahwa sarapan berprotein tinggi dikaitkan dengan lebih sedikit penambahan lemak dan rasa lapar dibandingkan dengan sarapan berprotein normal.

Ilustrasi minum air putih. (Shutterstock)

Protein juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan menekan kadar ghrelin atau hormon kelaparan yang meningkatkan nafsu makan. Sarapan dengan sumber protein yang baik bisa didapatkan dari telur, yogurt Yunani, keju cottage, kacang-kacangan dan biji chia.

2. Banyak Minum Air

Memulai pagi Anda dengan satu atau dua gelas air adalah cara mudah untuk meningkatkan penurunan berat badan. Air dapat membantu meningkatkan pengeluaran energi atau jumlah kalori yang dibakar tubuh setidaknya selama 60 menit.

Dalam satu penelitian kecil, minum 500 ml air menyebabkan peningkatan rata-rata 30 persen tingkat metabolisme. Terlebih lagi, air dapat mengurangi nafsu makan.

Memulai hari Anda dengan mubum air juga membuat Anda tetap terhidrasi dengan baik sepanjang hari.

3. Berjemur atau Mendapatkan Sinar Matahari

Membiarkan sinar matahari masuk rumah atau menghabiskan beberapa menit di luar setiap pagi dapat membantu menurunkan berat badan Anda.

Satu studi kecil menemukan bahwa paparan cahaya pada tingkat sedang pada waktu-waktu tertentu dalam sehari dapat memengaruhi berat badan. 

Paparan sinar matahari juga merupakan cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin D Anda. Beberapa penelitian menyatakan bahwa memenuhi kebutuhan vitamin D dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah penambahan berat badan.

BACA SELANJUTNYA

Cara Menjaga Berat Badan Setelah Operasi Bariatrik, Pembedahan yang Dijalani Melly Goeslaw