Jum'at, 19 April 2024
Yasinta Rahmawati : Rabu, 19 Agustus 2020 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Di awal pandemi, dikhawatirkan permukaan benda bisa menjadi sarana penularan virus corona Covid-19. Tetapi seiring berjalannya waktu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengklarifikasi bahwa penularan melalui permukaan mungkin tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Meski demikian, mendisinfeksi permukaan benda agar bersih dari tetesan pernapasan tetap dianjurkan, tentunya hal ini memberikan rasa aman.

Alih-alih mendisinfeksi apapun yang ada di sekitar Anda dan apapun yang akan Anda sentuh, para peneliti merekomendasikan barang-barang apa saja yang sesungguhnya benar-benar penting untuk didisinfeksi, dilansir dari Huffpost.

1. Layar ponsel dan laptop

Ilustrasi permukaan laptop. (Shutterstock)

Bisa dibilang, saat ini kita menghabiskan lebih banyak waktu di ponsel maupun laptop gegara banyak hal beralih dan dilakukan secara virtual. Padahal, bahkan sebelum pandemi, benda-benda ini sudah dikenal sebagai benda yang memiliki permukaannya berkuman.

"Permukaan yang paling jelas harus dibersihkan adalah permukaan yang paling banyak disentuh seperti layar dan penutup ponsel," kata Avisheh Forouzesh, pendiri Advanced Infectious Disease Medical LLC di New Jersey.

Dia juga menyarankan untuk mendisinfeksi mouse, touchpad, dan keyboard komputer Anda, karena kita menyentuhnya sepanjang hari, dan kita cenderung terus-menerus menyentuh wajah, hidung, dan mata saat bekerja menggunakan ponsel atau laptop.

2. Gagang pintu

Ilustrasi gagang pintu. (Pexels)

Meski kini kamu menjadi lebih rajin mencuci atau membersihkan tangan, tapi kamu cenderung akan menyentuh gagang pintu dengan tangan yang belum dicuci atau dibersihkan, karena seseorang baru akan mencuci tangannya setelah masuk ke dalam rumah.

Itu sebabnya, sangat disarankan kamu mendisinfeksi gagang pintu sekali atau dua kali sehari, dan lebih sering jika ada orang lain di luar penghuni rumah yang keluar masuk rumahmu.

BACA SELANJUTNYA

Baik Divaksin atau Tidak, Covid-19 Bisa Menginfeksi Ulang Secara Cepat