Selasa, 16 April 2024
Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah : Jum'at, 17 April 2020 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Hingga pandemi corona Covid-19 selesai, pemerintah dan pakar kesehatan akan terus mengimbau masyarakat untuk tetap tinggal di dalam rumah.

Selama masa karantina di rumah ini, kita jadi memiliki banyak waktu untuk beristirahat, menikmati waktu bersama keluarga, dan melakukan berbagai hobi.

Kita pun tidak menghabiskan banyak energi seperti biasanya. Tetapi mengapa kita masih merasa lelah walau mengeluarkan sedikit energi?

Dilansir The Health Site, berikut beberapa alasan tubuh lelah selama karantina:

1. Kurangnya waktu di luar

Kurangnya waktu di luar rumah ini dapat berdampak negatif pada tubuh. Menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan artinya kita tidak mendapatkan paparan sinar matahari.

Ahli mengatakan ini dapat berdampak pada ritme sirkardian, siklus bangun dan tidur tubuh.

Tubuh membutuhkan paparan sinar matahari untuk mensistesis vitamin D. Gangguan jam tubuh memengaruhi kemampuan kita untuk fokus dan membuat tubuh lelah.

Ilustrasi ibu kelelahan dan stres [shutterstock]

2. Terpisah dari alam

Studi menunjukkan menghabiskan waktu dengan alam meningkatkan energi fisik dan mental serta membuat kita merasa lebih hidup.

3. Terlalu terpapar kabar buruk

Terlalu banyak berita buruk juga dapat menyebabkan otak mati, yang menyebabkan kelelahan, menurut psikolog. Ketika pikiran terus-menerus disibukkan dengan pikiran cemas tentang apa yang mungkin terjadi, itu dapat melelahkan otak.

Ilustrasi kelelahan. [Shutterstock]

4. Kurangnya aktivitas fisik

Ketika kita menghabiskan sebagian besar waktu di posisi yang sama, apakah itu duduk atau berbaring, kemampuan tubuh untuk mengambil oksigen berkurang.

Ini dapat menyebabkan penurunan besar dalam tingkat energi dan motivasi, yang juga bisa membuat kita merasa lelah, lamban dan mudah tersinggung.

BACA SELANJUTNYA

Infeksi Cacar Monyet 100 Kali Lebih Menyakitkan Daripada Covid-19, Ini Pengakuan Penyintas!