Jum'at, 19 April 2024
Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah : Selasa, 07 April 2020 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) telah merekomendasikan masyarakat agar tetap mengenakan masker kain selama pandemi Covid-19 berlangsung, pada Jumat (3/4/2020) pekan kemarin.

Manfaat utama dalam menutup hidung dan mulut adalah untuk melindungi Anda serta orang lain, mengingat banyak orang yang terinfeksi tanpa gejala (25%) melepaskan virus melalui batuk, bersin, maupun tetesan pernapasan lainnya.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahan katun kemungkinan dapat memblokir tetesan pernapasan yang keluar dari seseorang, walau tidak diketahui berapa banyak perlindungan yang diberikan.

Dokter penyakit menular di Brigham and Women's Hospital, Michael Klompas, mengatakan bahan lain seperti syal kemungkinan tak akan memberi perlindungan sebaik masker kain.

"Anda bisa membayangkan jika mengenakan syal rajut longgar dengan banyak lubang di dalamnya... itu tidak akan sangat efektif," ujar dia, dikutip NPR.

Masker yang Direkomendasikan WHO. [Shutterstock]

Seorang ahli penyakit menular di Columbia University, Daniel Griffin, juga menyarankan publik supaya mencuci masker kain setiap kali selesai digunakan.

"Itu adalah sesuatu yang kau kenakan satu kali, berpotensi terkontaminasi batuk, bersin atau semburan air liurmu, atau melindungimu dari batuk, semprotan, tetesan pernapasan orang lain. Dan kini masker itu kotor. Pada dasarnya perlu dicuci," kata Griffin.

Jadi, setelah mengenakan masker kain, menurut dia, masyarakat harus segera memasukkannya ke keranjang cucian.

Ia juga tak menganjurkan untuk menarik masker ke bawah dagu saat sedang makan, kemudian memasangnya kembali seperti sedia kala.

Menurutnya, hal itu akan membuat kuman yang berada di masker berpotensi ikut masuk ke mulut.

Masker kain berfilter (YouTube/Maker's Habitat)

CDC juga sudah menyarankan untuk rutin mencuci masker kain setelah digunakan.

"Masker mesti dicuci secara rutin tergantung pada frekuensi penggunaan," tulis CDC dalam laman resminya.

Mereka juga mengingatkan untuk berhati-hati dalam melepas masker kain yang baru saja digunakan. Sebisa mungkin tidak menyentuh mata, hidung, atau mulut.

"Dan mencuci tangan segera setelah melepas masker," tegas mereka menambahkan.

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Akhirnya Menemukan Sumber Pertama Pandemi Covid-19, Benar di Wuhan?