Kamis, 28 Maret 2024
Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah : Selasa, 04 Februari 2020 | 21:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Group’s Open Access journal Scientific Reports menemukan fakta bahwa mencium aroma mawar dapat meningkatkan kemampuan belajar dan membuat tidur lebih baik.

Menurut peneliti, responden yang mencium aroma mawar saat belajar kosa kata bahasa Inggris menunjukkan peningkatan keberhasilan belajar yang signifikan (30 persen) dibandingkan mereka yang tidak melakukannya.

Namun, mencium aroma mawar bukanlah cara satu-satunya meningkatkan kualitas pembelajaran. Ada beberapa cara lain dalam meningkatkan fungsi otak yang pada akhirnya akan meningkatkan kemampuan belajar Anda.

Dilansir The Health Site, berikut Suara.com merangkum cara-cara meningkatkan kualitas belajar.

1. Investasikan waktu untuk berolahraga

Olahraga dapat meningkatkan kesehatan otak, kemampuan kognitif, dan daya ingat. Rutin berolahraga secara jangka panjang dapat membantu melindungi otak dari degenerasi.

Olahraga Untuk Jaga Kesehatan Otak. (Shutterstock)

2. Singkirkan pikiran negatif dan berpikir positif

Terlalu banyak stres dan kecemasan dapat membunuh neuron otak yang ada serta mencegah pembentukan neuron baru. Berpikir positif, kata para peneliti, dapat mempercepat pembentukan sel dan membantu mengurangi stres dan kecemasan.

3. Konsumsi makanan yang baik untuk otak

Apa yang Anda makan dapat memengaruhi fungsi otak. Sebab, lebih dari 20 persen dari semua nutrisi dan oksigen yang kita konsumsi akan masuk ke otak.

Ada sejumlah makanan sehat yang dapat meningkatkan kekuatan otak, seperti makanan kaya antioksidan, asam amino, dan vitamin E.

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Anjurkan Orang Jangan Terlalu Banyak Berpikir, Apa Alasannya?