Sabtu, 20 April 2024
Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah : Selasa, 04 Februari 2020 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Setiap tanggal 4 Februari, kita memeringati Hari Kanker Sedunia. Perayaan ini dilakukan agar masyarakat di seluruh dunia lebih sadar dan waspada akan pencegahan, deteksi, serta pengobatan penyakit kanker.

Kanker merupakan salah satu penyakit yang berbahaya di dunia. Kanker terjadi ketika sel-sel abnormal di dalam tubuh tumbuh di luar kendali. Sel-sel ini membentuk massa (tumor) yang bisa bersifat kanker atau jinak.

Tumor kanker dapat tumbuh dan menyebar ke bagian lain di tubuh. Sementara tumor jinak dapat tumbuh, tetapi tidak akan menyebar ke organ lain yang jauh dari sumber tumor.

Penyakit ini tidak pandang bulu dalam menyerang, tak terkecuali anak-anak.  Penyebabnya pun tidak diketahui secara pasti. Namun, mutasi yang diwariskan bertanggung jawab atas sekitar lima persen dari semua kanker pada anak-anak.

Dilansir The Health Site, berikut jenis kanker paling umum yang berkembang pada anak-anak.

1. Leukemia

Leukemia merupakan kanker anak paling umum (29 persen kasus) yang berasal dari sumsum tulang dan darah. Paling banyak leukemia yang terjadi pada anak adalah leukemia limfositik akut (ALL) dan leukemia myeloid akut (AML).

Ilustrasi anak sakit. (Shutterstock)

2. Tumor otak dan sumsum tulang belakang

Ini juga disebut sebagai tumor sistem saraf pusat (SSP). Setidaknya ada 26 persen dari kasus penyakit ini. Sebagian besar tumor otak pada anak-anak dimulai di bagian bawah otak, seperti otak kecil atau batang otak. Kasus tumor sumsum tulang belakang lebih jarang daripada tumor otak.

3. Neuroblastoma

Penyakit ini menyumbang sekitar enam persen dari kanker anak-anak. Ini adalah tumor sel saraf yang belum matang dan berkembang pada bayi dan anak kecil. Jenis kanker ini jarang terjadi pada anak-anak di atas 10 tahun.

Seringnya, kanker jenis ini dimulai pada kelenjar adrenal, yang terletak di atas ginjal dan merupakan bagian dari sistem endokrin (hormon) tubuh.

4. Limfoma

Limfoma mulai dalam sel sistem kekebalan yang disebut limfosit. Kanker ini paling sering memengaruhi kelenjar getah bening atau jaringan getah bening lainnya, seperti amandel atau timus.

Kanker ini dapat memengaruhi sumsum tulang dan organ lainnya. Dua jenis utama limfoma adalah limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin.

BACA SELANJUTNYA

Remaja 12 Tahun Top Up Game Online Pakai Uang Sumbangan Pengobatan Kanker Sang Ayah