Kamis, 28 Mei 2020
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Minggu, 29 Desember 2019 | 07:00 WIB

Himedik.com - Mewarnai merupakan salah satu kegiatan yang umumnya paling disukai anak-anak. Tetapi, kegiatan ini juga tak ada salahnya dilakukan oleh orang dewasa hingga lansia. 

Karena, mewarnai tidak hanya membantu meningkatkan kreatifitas. Tetapi, juga memberikan sejumlah manfaat pada tubuh dan pikiran.

Melansir dari The Healthy, berikut ini manfaat kegiatan mewarnai untuk fisik, psikologis dan pikiran kita.

1. Membantu tidur nyenyak

Kegiatan mewarnai sebelum tidur lebih baik daripada bermain ponsel, menonton TV atau laptop. Karena, mewarnai membuat kita terhindar dari paparan cahaya biru yang bisa mengganggu tidur.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang menggunakan perangkat elektronik di malam hari akan lebih kesulitan tidur. Bahkan mereka juga akan merasa lebih ngantuk ketika bangun tidur.

Buku mewarnai (Pixabay/ponce_photography)

Pewarnaan melibatkan bagian-bagian korteks serebral sambil merelaksasi pusat otak. Artinya, kegiatan mewarnai juga memberikan dampak kesehatan mental. Sehingga orang akan lebih tenang ketika mewarnai.

3. Membuka pikiran lebih luas

Kegiatan mewarnai juga memberikan kita kebebasan, terutama kebebasan dalam berpikir. Anda bisa bebas menuangkan ide dan pikiran apapun ketika mewarnai. Kegiatan mewarnai juga memberikan keberanian untuk bereksperimen tanpa rasa khawatir.

4. Mengatasi stres atau dilema

Mewarnai juga memberikan waktu untuk pikiran kita agar beristirahat. Para psikolog juga mengatakan mewarnai bisa mengurangi stres dan dilema atas dua atau lebih pilihan.

5. Memberi kebahagiaan dan kesehatan lebih baik

Mewarnai tidak hanya untuk anak kecil, kegiatan ini juga baik untuk orang dewasa hingga lansia. Karena, mewarnai bisa memberikan kebahagiaan tersendiri dan meningkatkan kesehatan.