Jum'at, 29 Maret 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Jum'at, 27 Desember 2019 | 22:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan tidur, salah satunya makanan yang dikonsumsi sebelum tidur. Karena makanan tertentu dianggap bisa menyebabkan tidur malam tidak nyenyak hingga insomnia.

The Good Sleep Guide, dilansir dari Independent mengungkapkan makanan tertentu dapat membantu tidur lebih nyenyak. Sedangkan, makanan tertentu juga bisa mengganggu tidur.

Penelitian oleh Simba Sleep mengungkapkan bahwa sekitar 69 persen orang Inggris merasa kurang tidur setelah mengonsumsi makanan pedas, minum berkafein, dan alkohol. Semnetara lainnya juga mengalami insomnia.

Jika Anda ingin tidur malam lebih nyenyak, konsumsi 5 makanan ini yang dianggap bisa membantu meningkatkan kualitas tidur.

1. Pisang

Umumnya, pisang memang dianggap sebagai makanan penambah energi. Tetapi, pisang mengandung magnesium yang melemaskan otot dan serotonin serta melatonin yang bisa membuat tidur lebih nyenyak.

Ilusrasi tidur tak nyenyak (shutterstock)

2. Almond

Almond juga kaya kandungan triptofan dan magnesium yang membantu mengurangi fungsi otot dan saraf secara alami sekaligus menjaga irama jantung.

3. Madu

Satu sendok teh madu sudah cukup untuk merangsang pelepasan melatonin di otak dan mematikan orexin yang membuat seseorang terjaga di malam hari.

Susu oat. (Shutterstock)

4. Oat

Oat adalah makanan yang mendorong produksi insulin dan secara alami meningkatkan gula darah. Selain itu, oat kaya vitamin, mineral, dan asam amino yang mempromosikan melatonin untuk membuat tidur lebih nyenyak.

5. Kalkun

Daging kalkun merupakan sumber protein yang baik dan mengenyangkan sehingga makanan ini bisa membuat tidur malam Anda lebih nyenyak.

BACA SELANJUTNYA

Selain Bayam, Ini 6 Makanan yang Mengandung Vitamin K