Jum'at, 29 Maret 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Jum'at, 01 November 2019 | 19:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya. Salah satunya dengan mengatur pola makan dan beberapa faktor lainnya.

Tetapi, tak semua orang mungkin bisa mengatur pola makan mereka. Contohnya, banyak orang masih terbiasa makan junk food atau sulit makan sayur.

Tenang, menikmati kuliner bukan berarti akan memiliki tubuh yang tidak sehat. Para pencinta makanan asal Malaysia memiliki trik khusus untuk menjaga tubuhnya tetap sehat.

Tidak hanya olahraga, Anda perlu melakukan beberapa hal ini saat makan dan bersantai agar tubuh tetap sehat, seperti yang dilansir dari World of Buzz.

1. Kunyah makanan setidaknya 30 kali

Banyak orang pahamnya harus mengunyah makanan 3 kali sebelum menelan. Tetapi yang lebih baik, Anda mengunyah makanan setidaknya 30 kali sebelum menelannya.

Anda yang makan lebih lambat dan sedikit akan lebih cepat merasa kenyang. Dengan begitu, Anda tidak akan makan berlebihan dan mampu mengontrol berat badan.

Mengunyah lebih lama juga membantu tubuh menyerap lebih banyak nutrisi dan merasa kenyang lebih lama.

Ilustrasi olahraga (shutterstock)

2. Latihan fisik ringan

Lakukan latihan fisik ringan ketika sedang bersantai, seperti squat atau melatih betis sambil menyikat gigi. Latihan fisik ringan selama 60 detik yang dilakukan secara rutin bisa menjaga kesehatan tubuh.

3. Olahraga sebelum makan

Olahraga sebelum makan bisa membantu tubuh membakar lemak dan karbohidrat lebih efisien. Bahkan, lemak yang dibakar juga jauh lebih banyak daripada olahraga setelah makan.

4. Jalan kaki 15 menit setelah makan

Pastikan Anda selalu berjalan kaki setidaknya 15 menit setelah makan. Aktivitas ini membantu tubuh memindahkan makanan ke saluran pencernaan.

Ilustrasi makan shabu shabu [shutterstock]

Dengan demikian, tubuh akan mencerna makanan secara lebih baik dan cepat. Selain itu, jalan kaki setelah makan juga mampu mengurangi kadar gula darah pasca makan yang bisa menyebabkan jantung dan diabetes.

5. Pakai aplikasi untuk mendeteksi kondisi kesehatan secara pribadi

Anda juga bisa menggunakan aplikasi khusus untuk mendeteksi kondisi kesehatan. Jadi, Anda dapat memantau kebutuhan tubuh agar tetap sehat dan bugar.

BACA SELANJUTNYA

Ingin Menambah BB? Konsumsi 4 Jenis Makanan Ini Secara Rutin!