Jum'at, 29 Maret 2024
Vika Widiastuti : Rabu, 02 Oktober 2019 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Plak di arteri bisa dicegah dengan mengonsumsi beberapa makanan sehat. Seperti yang kita ketahui, arteri penting untuk membawa darah dari jantung ke sel dan organ tubuh lainnya.

Namun, karena beberapa faktor, plak bisa terbentuk di arteri hingga menghalangi sirkulasi darah dan menyebabkan risiko penyakit serius.

Misalnya jika arteri yang membawa darah ke otak tersumbat, bisa menyebkan stroke. Penyumbatan ini terjadi karena beberapa faktor, seperti usia, riwayat keluarga, tekanan darah tinggi, pola makan yang tidak sehat, gula darah tinggi, dan kurang aktivitas fisik.

Anda bisa mulai menjaga arteri dengan menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Makanan kaya akan serat, magnesium, dan protein bisa mencegah arteri tersumbat. Dilansir dari thehealthsite, berikut beberapa makanan yang mencegah arteri terumbat.

1. Biji-bijian

Biji-bijian penuh dengan nutrisi dan serat yang membantu mengatasi kolesterol dan plak. Selain itu, biji-bijian juga membantu menjaga kesehatan usus.

2. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau tinggi akan serat. Selain itu, ahli gizi juga percaya sayuran ini bisa membantu mengontrol kadar gula darah dan mencegah obesitas.

3. Ikan berlemak

Ikan berlemak bagus untuk meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga bisa mengatur tingkat kolesterol dalam tubuh. Ikan berlemak juga membantu mengurangi peradangan, yang menjadi salah satu penyebab penyakit jantung.

Ilustrasi fillet ikan salmon. (Shutterstock)

4. Buah jeruk

Buah jeruk yang kaya akan vitamin C bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga bagus untuk membentuk dinding arteri yang sehat.

5. Alpukat

Alpukat bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat. Ketika kadar kolesterol terkendali, arteri akan tetap sehat.

6. Minyak zaitun

Penelitian ilmiah mengungkapkan bahwa minyak zaitun beperan sebagai agen yang sangat baik untuk mengatasi penyumbatan arteri. Jadi, cobalah masukkan minyak ini ke dalam salad atau sayuran Anda.

BACA SELANJUTNYA

Mengenal Gejala Gangguan Pembekuan Darah yang Bisa Berakibat Fatal