Rabu, 15 Juli 2020
Vika Widiastuti : Minggu, 04 Agustus 2019 | 22:00 WIB

Himedik.com - Sekitar 60 persen dari tubuh manusia terdiri dari air. Air berfungsi untuk melumasi sendi, mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh, mengatur suhu tubuh, membantu pencernaan, hingga membuang racun keluar dari tubuh.

Kita sering mendengar bahwa tubuh setidaknya membutuhkan 2 liter air setiap harinya agar tetap terhidrasi. Namun, tahukah bahwa Anda harus minum di waktu yang tepat dalam sehari agar mendapatkan manfaat yang maksimal?

Dilansir dari timesofindia, ini 6 waktu Anda harus minum agar tetap sehat dan bugar.

1. Saat bangun di pagi hari

Mulailah hari Anda dengan minum segelas air di pagi hari. Hal ini akan membantu Anda untuk menghilangkan racun dari tubuh dan memberikan energi. Minum air dalam suhu normal atau hangat, hindari minum air dingin di pagi hari.

2. Sebelum makan

Minum air sebelum makan akan membuat Anda mereka lebih kenyang dan mencegah makan berlebihan. Mengonsumsi segelas air sebelum waktu makan akan membangkitkan selera makan dan melembapkan lapiran perut. Cara ini juga membersihkan rasa dari sisa makanan atau minuman sebelumnya.

3. Minum saat lapar

Terkadang kita merasa lapar saat benar-benar haus. Jadi, jika Anda lapar di antara waktu makan, minumlah segelas air untuk melihat apakah sebenarnya Anda mengalami dehidrasi.

Ilustrasi perempuan hanya minum air putih selama sebulan (Pexels/Daria Shevtsova)

 

4. Sebelum dan sesudah latihan

Untuk menghindarkan diri dari dehidrasi, minumnya 2-3 gelas air sebelum dan sesudah sesi latihan. Hal ini akan membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Namun, jangan minum terlalu banyak air dalam waktu yang singkat karena akan menyebabkan kram perut.

5. Saat sakit

Tingkatkan asupan air saat Anda sakit. Hal ini tidak hanya akan menghindrasi tubuh, tetapi juga menghilangkan racun dari tubuh dan membantu Anda pulih lebih cepat.

6. Saat lelah

Jika Anda benar-benar merasa kelelahan dan tidak punya waktu untuk istirahat, maka minumlah segelas air. Terkadang Anda tidak menyadari bahwa kelelahan adalah tanda dehidrasi. Minum air putih akan memberi sedikit dorongan bagi otak Anda, bahkan jika tidak memiliki waktu untuk istirahat.

BACA SELANJUTNYA

Jangan Abaikan Lesi Mirip Cacar Air, Bisa Jadi Itu Tanda Lain Virus Corona